Ridwan Kamil: PPKM Terus Ada Sebelum Deklarasi Pandemi ke Endemi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Adi Suparman/ VIVA.

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan pemerintah akan terus menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia. Walau dalam beberapa bulan ini, kasus COVID-19 cenderung terkendali dan pengetatan aktivitas masyarakat, perlahan-lahan dilonggarkan.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Penerapan protokol kesehatan (prokes) harus tetap dipatuhi, meski pelonggaran aktifitas mulai diizinkan.

"PPKM itu akan ada selamanya sampai deklarasi pandemi ke endemi. Tapi, di dalamnya akan banyak kelonggaran-kelonggaran yang menyesuaikan," ujar Ridwan Kamil, di Gedung Sate Kota Bandung, Rabu 11 Mei 2022.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

Mantan Wali Kota Bandung itu memastikan, bakal meneruskan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada seluruh kepala daerah di Jabar, terkait perpanjangan PPKM. Dimana akan berlangsung hingga 23 Mei 2022. 

Walaupun PPKM diperpanjang, Ridwan Kamil mempersilakan warga untuk beraktivitas tanpa beban. Namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. 

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

"Makanya arahan Presiden sempat saya dengarkan dari semuanya silahkan beraktivitas paling utama memakai masker," katanya.

Menurutnya, warga Jawa Barat dipastikan mendapat kelonggaran karena memang situasinya pandemi sedang melandai. "Jadi kita akan begini (dilonggarkan) dengan memakai masker tapi pas nanti endemi tiba, tidak dipakai," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya