Ini Sosok Penghulu yang Bakal Nikahkan Adik Jokowi dengan Ketua MK

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Arba’in Basyir
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Arba’in Basyir akan menjadi penghulu saat akad nikah adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Rencananya akad nikah akan dilaksanakan di gedung pernikahan milik keluarga Presiden Jokowi, Graha Saba Buana, Solo pada Kamis, 26 Mei 2022.

PSI Ajukan 10 Gugatan Hasil Pileg, MK Pastikan Anwar Usman Tak Ikut Tangani

InsyaAllah saya sendiri yang jadi penghulunya,” kata Arba’in ketika ditemui di ruang kerjanya KUA Banjarsari, Solo pada Rabu, 11 Mei 2022.

Dalam pernikahan tersebut, Presiden Jokowi akan menjadi wali dari calon mempelai perempuan yang juga adik kandungnya, Idayati. Arba’in pun mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menjalankan tugasnya menikahkah Idayati dan Anwar Usman di hadapan Presiden Jokowi.

MK Gelar Sidang Sengketa Pileg 2024 Pekan Depan, Total Ada 297 Perkara

“Oh nggak (tidak ada persiapan khusus), biasa saja. Kita kan sudah biasa untuk pelaksanaan acara-acara pernikahan itu,” akunya.

Arba’in mangaku sebagai penghulu melaksanakan tugas di hadapan Presiden pada pernikahan Idayati dan Anwar Usman nanti bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, ia juga pernah menjalankan tugasnya sebagai penghulu di depan mantan Wali Kota Solo itu saat menikahkan salah satu keponakan Presiden Jokowi, Bagaskara Ikhlasullah Arif dan Ima Qoyyimah di Graha Saba Buana pada 12 Maret 2022 lalu.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

“Kemarin kan juga abis jadi penghulu di depan Presiden saat akad nikah Mas Bagas karena beliau Pak Presiden jadi saksinya. Mas Bagas itu keponakan Pak Jokowi atau putra dari adik Pak Presiden, Bu Titik dan Pak Arif,” katanya.

Baca juga: Jokowi Jadi Wali Pernikahan Adiknya dengan Ketua MK

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya