Meja Operasi Khusus Disiapkan Tangani Pria 275 Kg yang Jatuh dari Lift

Evakuasi Dwi Ariesta Wardhana yang Jatuh Akibat Sling Lift Putus di Malang
Sumber :

VIVA – Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang menyiapkan meja operasi khusus untuk penanganan pria berbobot 275 kilogram yakni, Dwi Ariesta Wardhana (38 tahun) warga Perum Puri Kartika Asri, Arjowinangun Blok Q, Kedungkandang, Kota Malang. Dia mengalami 5 patah tulang pada bagian kaki usai jatuh akibat kawat sling lift putus dari lantai 2 ke lantai 1.

Posisi Penis Saat Pakai Celana, Harusnya Menghadap ke Atas atau ke Bawah?

Dokter yang menangani Aries yakni, staf medik bagian ortopedi dan traumatologi RSSA dr Agung Rianto Budi Santoso menuturkan bahwa operasi tahap awal sudah dilakukan. Yaitu operasi pada kaki bagian engkel sebelah kiri dengan metode eksternalisasi. 

Selanjutnya tim medis akan melakukan operasi tahap dua. Operasi ini tidak mudah sebab, tim medis membutuhkan meja operasi yang besar untuk menyesuaikan bobot Aries yang memiliki berat badan 275 kilogram. Lalu juga dibutuhkan 10 hingga 15 tenaga medis untuk melakukan operasi ini. 

Ngeri, Belut Besar Ditemukan Hidup Menggeliat di Perut Manusia

"Kendala utamanya untuk di sini kita tidak bisa melakukan pemeriksaan CT-scan karena tidak muat. Tindakan definitif operasi bagaimana menyediakan meja operasi yang bisa memfasilitasi tubuh pasien. Meja operasi hanya 80 centimeter saja rencananya dua meja akan kita gabung jadi satu," kata Agung, Rabu, 11 Mei 2022. 

Rencana operasi tahap kedua akan dilakukan pada pekan depan. Operasi ini setidaknya membutuhkan waktu lima jam dengan pembiusan. Selain meja operasi khusus. Ada lima dokter spesialis yang ikut menangani, antara lain dokter spesialis ginjal, dokter spesialis ortopedi, dokter spesialis gizi, dokter spesialis penyakit dalam dan dokter anestesi.

Gara-gara Chat Mesum, Pria di Medan Tusuk Selingkuhan Istri hingga Tewas

"Karena saat di ICU dilakukan observasi kemungkinan gejala penyakit komplikasi yang diderita pada tubuh pasien. Hasilnya ditemukan adanya indikasi diabetes dan penurunan fungsi ginjal. Sehingga penanganan yang kami lakukan secara holistik, tidak bisa yang patah tulang kakinya saja maka kakinya doang, sehingga kalau ditemukan adanya indikasi hal lain maka sekalian kami tangani," ujar Agung. 

Hasil pemeriksaan tim medis Aries mengalami 5 patah tulang mulai dari lutut, tibia, fibula, engkel kuboit, lalu engkel kanan maliolos medialis. Penyebab, kaki Aries mengalami banyak patah tulang karena diduga kaki pasien tidak kuat menyangga beban yang begitu besar. Sebab, secara matematis dengan bobot 275 kilogram satu kaki menyangga setidaknya 135 kilogram. 

"Engkelnya tidak kuat menyangga seberat itu akhirnya patah (5 bagian tulang). Dengan berat 275 kilogram satu lutut menyangga setidaknya 135 kilogram. Pada saat jatuh kemungkinan berdiri makanya engkelnya yang kena (patah)," tutur Agung. 

Baca juga: Jatuh dari Lift, Pria Berbobot 275 Kg di Malang Alami 5 Patah Tulang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya