Pesawat yang Hendak Evakuasi Jenazah Ditembaki KKB di Ilaga Papua

Kegiatan operasional di bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua
Sumber :
  • ANTARA/HO-UPBU Ilaga

VIVA – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan aksi penembakan di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua saat pesawat kargo milik Asian One hendak mendarat melakukan evakuasi warga korban penembakan KKB, pada Jumat, 13 Mei 2022.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Kejadian tersebut dibenarkan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

"Iya tadi pagi pukul 08.30 WIT ada suara tembakan terdengar di sekitar Bandara Ilaga, dimana saat itu proses pengamanan evakuasi korban penembakan KKB akan diterbangkan menuju Kabupaten Timika," ucap Kamal.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Kamal menjelaskan awalnya pesawat kargo jenis Twin Otter Asian One hendak mendarat di Bandara Ilaga, namun pilot menerima informasi bahwa terdapat suara tembakan di area sekitar bandara, pilot memutuskan untuk membatalkan landing pesawat tersebut dan memutar balik ke Timika.

"Saat kejadian personel yang masih berada di Bandara langsung mencari sumber tembakan tersebut dan untuk pesawat kargo batal mendarat," ujar Kamal.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Setelah insiden itu, ada 3 pesawat kargo lainnya yang terbang di belakang Asian One namun akhirnya memilih langsung kembali menuju Timika. 

"Saat kejadian, aktivitas bandara berjalan dan personel yang melakukan pengamanan evakuasi jenazah korban penembakan KKB masih berada di Bandara," katanya.

Untuk situasi, kata kamal saat ini di sekitar Bandara Ilaga aman dan kondusif.

"Pasca terdengar tembakan situasi di bandara Ilaga aman dan kondusif, aktivitas penerbangan berjalan dengan normal," tutup Kamal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya