Tulisan Tangan Jokowi di Buku Tamu Gedung Putih AS, Ini Isinya

Presiden Jokowi di acara makan malam bersama Presiden AS Joe Biden
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Presiden Joko Widodo menghadiri jamuan makan malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi diminta untuk mengisi buku tamu kenegaraan yang telah disediakan Gedung Putih.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Jokowi kemudian menandatangani buku tamu tersebut dan menuliskan sebuah pesan dengan tulisan tangannya sendiri. Pesan tersebut dituliskan Jokowi dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa hal yang dicatatkan oleh Jokowi dalam buku tamu tersebut. Pertama Jokowi menuliskan bahwa dirinya menantikan kemitraan ASEAN-AS yang lebih kuat.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Baca juga: Hargai Senior Sesama Eks Prajurit TNI, AHY Tolak Disambut Gubernur Edy

"Looking forward to a stronger ASEAN-US Partnership," tulis Jokowi, dalam buku tamu tersebut.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Kemudian selain itu Jokowi juga berharap agar Presiden Biden menghadiri KTT G20 di Bali. Dia juga membubuhi tanda tangan dibagian bawah buku tamu tersebut.

"See you in Bali for G20," tulis Jokowi

Acara jamuan tersebut digelar di Gedung Putih, Washington DC, pada Kamis malam, 12 Mei 2022 waktu setempat (WS) atau Jumat pagi, 13 Mei 2022 waktu Indonesia. 

Dalam jamuan itu, Jokowi langsung disambut oleh Presiden Biden lalu kemudian bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Jokowi juga mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden.  Dalam statement pengantar toast, Presiden Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. 

"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya