Viral Polisi Minta Tebusan 24 Juta di Grobogan, Begini Ceritanya

Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi.
Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Sebuah video yang viral di media sosial berdurasi 7 menit 27 detik tentang dugaan oknum petugas Satlantas Polres Grobogan, Jawa Tengah, yang meminta uang Rp24 juta ke pengemudi mikrobus Isuzu Elf untuk menebus barang bukti kecelakaan.

Dalam video yang diunggah akun Facebook, Hukum & Kriminal tersebut, diperlihatkan percakapan sang sopir, Cipto Utomo, warga Demak dengan seseorang yang memvideokan. 

Cipto pun memberikan keterangan bahwa dirinya selaku pengendara Elf pada 26 April lalu terlibat kecelakaan dengan kendaraan roda dua. Dalam video itu Cipto mengaku dirinya diminta uang sebesar Rp24 juta saat ingin mengambil kendaraannya di Unit Gakkum Satlantas Polres Grobogan.

Baca juga: Tulisan Tangan Jokowi di Buku Tamu Gedung Putih AS, Ini Isinya

Menanggapi video viral tersebut, Polisi menindaklanjuti kejadian tersebut, Kapolres AKBP Benny Setyowadi pun menggelar konferensi pers untuk mengklarifikasi.

Kapolres mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih adanya kiriman video keluhan masyarakat tersebut. Pihak polres telah melakukan langkah-langkah dengan membentuk tim dari propam untuk turun melakukan klarifikasi dan pengecekkan kejadian tersebut.

Kapolres mengungkapkan, hasil yang didapatkan sementara kasus kecelakaan tersebut sudah selesai melalui Restoratif Justice (RJ). Dan kini tinggal pencabutan berkas. Menurutnya, pihak pengemudi yaitu Cipto Utomo ternyata ada kesalahan persepsi.