KKB Bakar Perumahan Guru SMA di Iliga Papua

Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal
Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal
Sumber :
  • VIVA / Aman Hasibuan ( Papua)

VIVA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali meneror masyarakat dan membakar rumah guru  sekolah SMA Negeri 1 ( Co. 53 M 793395 9559555 ) yang terletak di Kampung Wako, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat 13 Mei 2022 malam.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.

“Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 19.00 WIT di mana pos 408 menerima informasi via HT bahwa telah terjadi pembakaran terhadap Perumahan Guru Sekolah SMA 1 Ilaga ( Co. 53 M 793395 9559555 ),”kata Kamal, Sabtu, 14 Mei 2022.

Ilustrasi kebakaran

Ilustrasi kebakaran

Photo :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

Untuk mengatasi kejadian tersebut, kata Kamal, personel DPP Kanit Tindak Ipda Kristofol R Lewirissa bersama personel Damai Carntez menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) pada pukul 19.10 WIT.

“Personel Ops Damai Cartenz telah melakukan patroli serta penyisiran di sekitaran TKP namun tidak ada pergerakan dari Kelompok KKB,” jelas Kamal.

Ia menambahkan Personel Ops Damai Cartenz dan warga Perumahan tersebut bersama-sama membantu memadamkan api yang membakar Perumahan Guru Sekolah SMA Negeri 1 Ilaga dan pada Pukul 19.20 WIT dan api  berhasil dipadamkan.

“Tim Ops Damai Cartenz juga melakukan Patroli di seputaran PT.MTT Ilaga Kabupaten Puncak ( Co. 53 M 793882 9559256 ) untuk memastikan tidak adanya pergerakan dari Kelompok KKB Tersebut,”tambahnya.

Setelah pemadaman api telah selesai dilaksanakan, situasi Kamtibmas di Kampung Wako, Distrik Ilaga , Kabupaten Puncak berangsur kondusif.

“Setelah melakukan Konsolidasi, sejumlah personel gabungan yang ada di Kabupaten Puncak siaga dalam upaya mengantisipasi aksi lanjutan dari pembakaran tersebut,”ungkapnya.

Untuk diketahui sebelumnya KKB juga melakukan aksi penembakan di Bandara Aminggaru Ilaga Kabupaten Puncak Papua, saat melakukan evakuasi sopir truk korban penembakan kelompok tersebut pada Jumat, 13 Mei 2022.

Penembakan terjadi sebanyak empat ke arah Pos Runway 25 Satgas Lanud Kopasgat BKO Kodam XVII/Cenderawasih Bandara Aminggaru Ilaga, dari arah Bukit Teletabis sekitar CO. 53M 791753 9559636 Kampung Eromaga, Distrik Omukia.

“KKB pimpinan Tinus Murib melakukan penembakan dari arah Bukit Teletabis Kampung Eromaga, Distrik Omukia dengan perkiraan jarak sekitar 600 meter ke arah Pos Runway 25 Satgas Lanud Kopasgat BKO Kodam XVII/Cenderawasih Bandara Aminggaru Ilaga,” kata Kamal.