Meriahnya Parade Waisak, Ribuan Peserta Longmarch ke Borobudur

Parade Waisak 2022 di Jawa Tengah
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Ribuan orang termasuk wisatawan memenuhi tepi jalan sepanjang Candi Mendut hingga Candi Borobudur di Magelang, Senin 16 Mei 2022. Mereka ingin melihat iring-iringan Parade Waisak dalam rangkaian peringatan Hari Raya Waisak 2566 BE.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Parade pada peringatan Waisak tahun 2022 ini diikut oleh 1.200 peserta. Terdiri dari barisan drum band, pasukan bendera, mobil hias, pasukan festival lainnya, dan terutama umat Budha.

Rombongan Parade Waisak bergerak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur setelah dilepas secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua Walubi, Murdaya Widyawimarta Poo.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Secara pribadi dan mewakili masyarakat Jawa Tengah, Ganjar mengucapkan selamat Hari Raya Waisak untuk umat yang merayakan. Ia mengungkapkan kegembiraannya, karena setelah dua tahun pandemi, sekarang masyarakat Budha sudah bisa merayakan Waisak dengan meriah.

Parade Waisak 2022 di Jawa Tengah

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno
Terpilih Aklamasi, Suhu Hui Siong Kini Dipercaya Memimpin Organisasi Sangha Dunia

"Saya doakan semoga semua berbahagia. Setidaknya setelah dua tahun pandemi, sekarang masyarakat Budha sudah bisa merayakan Waisak dengan meriah. Ya meskipun saat ini pesertanya masih dibatasi ya, tapi sudah ada 1.200-an tadi yang ikut. Saya melihat kegembiraan umat Budha dan masyarakat pagi ini," jelas Ganjar.

Ia menambahkan, setelah pandemi berangsur membaik, ia harap kegiatan festival semacam ini bisa terus dikembangkan lebih meriah.

"Tentu saja masyarakat menyambut bahagia, karena kita semua rindu pada perayaan besar semacam ini. Ya mudah-mudahan semua lancar, karena perayaan Waisak ini kan prosesinya panjang sampai puncaknya nanti malam," jelasnya


Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya