Jelang Idul Adha, Bandung Waspada PMK Menulari Hewan Kurban

Pemeriksaan hewan di Kota Bandung, Jabar.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan, vaksinasi hewan dipersiapkan jelang Idul Adha untuk memutus mata rantai penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban.

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

"Sebentar lagi kan Idul Adha ya. Kita lagi berupaya untuk mengajukan vaksin hewan ke pemerintah pusat. Terlebih, kita tidak punya peternakan sendiri. Jadi, memang agak sulit untuk menutup jalur pengiriman dari luar kota," ujar Yana di Bandung, Selasa, 17 Mei 2022.

Untuk kebutuhan jumlah vaksinasi, pihaknya memprioritaskan hewan untuk kurban. Secara umum, menurut Yana, kebutuhan vaksinasi PMK untuk hewan di Kota Bandung tergolong tinggi.

Jelang Idul Fitri, Pemkab Purwakarta Siapkan Vaksin untuk Atasi Wabah PMK

Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Photo :
  • Viva.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

"Sapi saja dipotong 75 ekor per hari di rumah potong hewan. Kambing dan domba juga perlu kita vaksin. Ya, termasuk banyak jumlah yang dibutuhkan untuk vaksin hewan ini," katanya.

3.000 Ekor Sapi Hidup Impor Masuk RI untuk Ramadhan dan Lebaran

Dia menambahkan, "Mudah-mudahan kita bisa antisipasi, meskipun secara teori tidak menular ke manusia, tapi kalau virusnya menempel ke manusia, bisa transmisi ke binatang lain."

Ilustrasi Kartu NPWP

DJP Sebut 91,7 Persen NIK Sudah Dipadankan Jadi NPWP 

Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah dipadankan menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) mencapai 67,46 juta per 31 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024