Tolak Wacana Ketum KNPI 2 Periode, Stafsus Wapres: Ini Wadah Bersama

Staff Khusus Wakil Presiden Maruf Amin, Arif Rahman
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Staf Khusus Wakil Presiden RI Maruf Amin, Arif Rahman menghadiri silaturahmi kebangsaan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Arif mengingatkan KNPI mesti menjadi laboratorium kaderisasi kepemimpinan bagi kalangan generasi muda.

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Dia pun menolak wacana Ketua Umum KNPI bisa menjabat dua periode. Menurutnya, KNPI punya tugas penting yaitu menghimpun pemuda Indonesia melalui Organisasi Kepemudaan (OKP).

"KNPI itu merupakan laboratorium kader bangsa. KNPI adalah kawah candradimuka dalam mempersiapkan kepemimpin bangsa ini," kata Arif, dalam keterangannya, Selasa, 17 Mei 2022. 

Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

Arif bilang, kelangsungan KNPI mesti melewati proses yang ditentukan melalui regenerasi dan kaderisasi. Apalagi kurang dari dua tahun lagi, pesta politik Pemilu 2024 akan segera berlangsung.

"Ke depan dalam momentum 2024. KNPI harus mempersiapkan kader-kader terbaiknya dalam mengisi, menentukan kekuasaan dan mengisi jabatan publik. KNPI harus menguasai ruang-ruang politik kebangsaan," jelas Arif.

Harapan Wapres Maruf Amin Terhadap KSAU Baru Marsdya Tonny Harjono

Stafsus Wakil Presiden Maruf Amin, Arif Rahman (kanan) dan Ketum KNPI Ryano P.

Photo :
  • Istimewa

Pun, ia menyampaikan bahwa KNPI sebagai wadah pemuda yang berhimpun untuk saling membantu dan membesarkan. Maka itu, ia meminta Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Ryano Panjaitan bisa mengakomodir semua OKP dan pengurus KNPI di era kepemimpinannya. 

Bagi dia, penting untuk Ryano sebagai nakhoda KNPI bisa memahami kebutuhan OKP dan pengurusnya. "Dengan demikian KNPI menjadi sebuah wadah berhimpun yang memberdayakan anggotanya," tuturnya. 

Kemudian, Arif menambahkan KNPI mesti bisa sebagai organisasi yang menghimpun semua kalangan yang berbeda. Dengan perbedaan itu, KNPI harus jadi salah satu wadah yang majemuk dan menghargai perbedaan dalam kebersamaan. 

Dia mengingatkan agar KNPI jangan sampai dikuasai oknum tertentu dengan cara memonopoli kekuasaan. 

"Ini wadah bersama. Jadi, tidak boleh dikuasai penuh oleh seorang ketua umum. Karena itu kita harapkan KNPI jadi bagian dari organisasi yang bisa melakukan sirkulasi kekuasaan," lanjut Arif.

Dia menegaskan agar wacana KNPI bisa dipimpin ketum selama dua periode harus ditolak.

"Tidak dikuasai penuh oleh siapapun. Atas dasar itu juga kita menolak adanya penguasaan KNPI dengan cara berkuasa dua periode," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya