4 Tokoh Publik Bela Ustaz Abdul Somad Usai Dideportasi dari Singapura

Ustaz Abdul Somad (UAS) Kunjungi MUI
Ustaz Abdul Somad (UAS) Kunjungi MUI
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ustaz Abdul Somad kembali menuai sorotan publik usai dirinya mengalami hal yang tidak mengenakan di Singapura pada Senin, 16 Mei 2022. Dai kondang asal Pekanbaru tersebut ditahan oleh pihak Imigrasi Singapura yang berujung pada penolakan dirinya untuk masuk ke Singapura. Ia terpaksa harus meninggalkan negara tersebut dan kembali ke Indonesia lebih cepat dari yang direncanakan. 

Padahal, kedatangan tersebut hanya akan berlibur bersama dengan keluarga. Salah satu hal yang sangat disayangkan dai sejuta viewer tersebut adalah perlakuan dari pihak Imigrasi Singapura kepada dirinya dan keluarga. Perlakuan tersebut sampai menui kecaman dari beberapa tokoh di Tanah Air. Mereka kompak menyesalkan tindakan Singapura yang melarang UAS masuk ke negara tersebut. 

1. Fadli Zon

Fadli Zon.

Fadli Zon.

Photo :
  • Twitter @fadlizon

Diberitakan VIVA, Anggota Komisi I DPR Fadli Zon mengatakan bahwa perlakuan Singapura kepada UAS merupakan sebuah penghinaan. Fadli mengatakan bahwa UAS adalah warga negara Indonesia yang terhormat. Selain itu, ia juga merupakan seorang ulama dan intelektual muslim. 

"UAS adalah warga negara Indonesia terhormat, seorang ulama n intelektual. Kejadian ini penghinaan," tulis Fadli Zon dalam akun Twitternya seperti dikutip VIVA, pada Rabu, 18 Mei 2022.

Politikus Partai Gerindra ini mengatakan, tidak pantas Singapura memperlakukan Ustadz Abdul Somad dengan mendeportasi tanpa alasan yang jelas. Ia meminta kepada Dubes RI untuk Singapura jangan lepas tangan dan harus bisa menjelaskan tentang peristiwa tersebut.