Masih Pakai Masker di Luar Ruangan, Gibran: Level Ganteng Meningkat

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka masih selalu memakai masker saat melakukan tugasnya sebagai Wali Kota Solo. Padahal Presiden Jokowi telah mengambil keputusan melakukan pelonggaran dengan membolehkan masyarakat melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Pantauan VIVA, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming masih tetap memakasi masker saat mendampingi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadia pada acara ‘Road To G20: Invesment Forum Mendorong Percepatan Invstasi Berkelanjutan dan Inklusif’ di Hotel Alila Solo, Rabu, 18 Mei 2022.

Selama acara berlangsung mulai dari pertemuan, meninjau stan pameran hingga meninggalkan lokasi acara, ia tampak sama sekali tidak melepas masker jenis duckbill berwarna putih yang dikenakannya.

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

Ia mengaku alasan belum melepas masker dan belum berani mensosialisasikan pelonggaran terkait lepas masker kepada masayarakat karena masih menunggu instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Kalau di sini saya menunggu instruksi dari Pak Gubernur ya. Kemarin saya sudah tanya Pak Gubernur, intinya kalau di sini masih pakai masker dulu lah ya. Meskipun kasusnya hampir tidak ada tapi tetap waspada dulu,” kata dia di Hotel Alila Solo, Rabu, 18 Mei 2022.

Surya Paloh Akui Berkontemplasi Lama Sebelum Putuskan Gabung ke Koalisi Prabowo

Namun, jika nantinya Gubernur Jawa Tengah sudah mengintruksikan terkait pelonggaran untuk melepas masker, Gibran pun akan melaksanakan perintah Ganjar tersebut. “Kalau sudah ada instruksi, kita mengikuti. Tenang aja ya, nanti diatur di SE (surat edaran),” ujar dia.

Ia pun menghimbau kepada warga Solo untuk jangan melepas masker terlebih dahulu ketika sedang berada di kerumunan banyak orang di dalam ruangan. Tak hanya itu, ia juga menghimbau warganya untuk tetap memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan yang menimbulkan kerumunan.

“Nek iso (kalau bisa) pakai masker lah opo maneh (apalagi) di kerumuman kayak gini mauun outdour tapi kalau bisa,” harapnya.

Menurut Gibran, fungsi masker selain untuk mencegah penyabaran kasus COVID-19, tetapi masker juga berguna untuk menangkal polusi dan lain-lain. “Masker ini penting kok, ya membuat ganteng, meningkatkan level kegantengan 20 persen,” canda Gibran.

Seperti diketahui Presiden Jokowi saat ini pandemi COVID-19 dalam keadaan yang terkendali. Karena saat ini kondisi pandemi mulai menunjukkan tandfa-tanda mulai membaik, maka Presden mengatakan pemerintah telah mengambil keputusan melakukan pelonggaran. Masyarakat diperbolehkan melepas masker di luar ruangan apabila tidak terjadi kepadatan orang.

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker, jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbua yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” katanya.

Baca juga: MUI Bolehkan Salat Berjamaah Tak Pakai Masker, Ada Tapinya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya