20 Ribu KK di Medan Belawan Rumahnya Terendam Banjir Rob

Kondisi perumahan yang terendam banjir rob di Medan Belawan, Sumut.
Sumber :
  • Dok Camat Medan Belawan

VIVA – Banjir rob kembali terjadi di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara. Akibatnya, sekitar 20 ribu kepala keluarga rumahnya terendam banjir kiriman air laut Belawan itu.

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Informasi yang dihimpun VIVA, banjir rob sudah terjadi sejak Senin, 16 Mei 2022. Banjir rob merupakan permukaan air laut Belawan yang lebih tinggi atau pasang sehingga air merendam permukiman warga di Kecamatan Belawan.

"Kurang lebih 20 ribu KK (Kepala Keluarga) yang terdampak banjir rob," ucap Camat Medan Belawan, Subhan saat dikonfirmasi VIVA, Rabu 18 Mei 2022.

Sepekan Terjadi 30 Bencana Besar di Jateng, Pj Gubernur: Percepat Penutupan Tanggul

Subhan menjelaskan banjir rob terjadi di 6 Kelurahan di Kecamatan Medan Belawa. Dia merincikan 6 kelurahan itu Belawan I, Belawan II, Belawan Bahagia, Belawan Sicanang, Belawan Bahari, dan Bagan Deli. "Banjir Rob di Kecamatan Medan Belawan) di seluruh kelurahan," kata Subhan.

2 Santriwati Ditemukan Meninggal Usai Hanyut Diterjang Banjir Grobogan

Banjir rob di Kecamatan Medan Belawan dengan ketinggian air mencapai hingga selutut orang dewasa. "Ketinggian air sekitar 30 hingga 50 cm," sebut Subhan.

Imbas banjir rob, Kecamatan Medan Belawan terus melakukan monitoring dan melakukan pembersihan terhadap saluran air. Dengan pembersihan, diharapkan bisa mengurangi debit air yang tergenang di pemukiman warga.

Sementara itu, Pemerintah Kota Medan juga sudah melakukan kordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penanganan banjir rob tersebut.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya