Komandan Brimob Jabat Kapolres di Sarang KKB Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri melantik Kapolres Puncak Jaya
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Tiga pejabat utama Polda Papua dan empat Kapolres diganti. Pergantian serta pelantikan PS Kapolres Dogiyai tersebut berdasarkan ST/747/IV/KEP./2022 dan ST/748/IV/KEP./2022. Serah terima jabatan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri yang dihadiri sejumlah pejabat utama Polda Papua, Rabu, 18 Mei 2022.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Tiga pejabat utama yang diganti itu diantaranya Kombes Pol Kasmolan, M.A.P yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Polairud Polda Papua mendapatkan promosi jabatan sebagai Kabag Binlat Robinopsnal Baharkam Polri dan digantikan oleh Kombes Pol Andi Anugrah.

Kombes Pol Ricko Taruna Mauruh, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reskrimsus Polda Papua mendapatkan promosi jabatan sebagai penyidik utama TK.II Riwassidik Bareskrim Polri dan digantikan oleh Kombes Pol Fernando Sanches Napitupulu.

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme

Kombes Pol Gustav Robby Urbinas, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota mendapatkan jabatan baru sebagai Kabid Propam Polda Papua.

Sementara untuk empat jabatan Kapolres yakni Kapolresta Jayapura Kota  diisi oleh AKBP Victor Dean Mackbon, yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Papua mendapakan jabatan baru sebagai Kapolresta Jayapura Kota.

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?

AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mimika mendapat jabatan baru sebagai Wadir Reskrimsus Polda Papua dan digantikan oleh AKBP I Gede Putra yang sebelumnya menjabat Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalteng.

AKBP Ridwan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Puncak Jaya digantikan dalam rangka masa purna bakti dan digantikan oleh AKBP Kuswara, yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon A Pelopor Sat Brimob Polda Papua.

AKBP Muhammad Jafar yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tolikara digantikan dalam rangka masa purna bakti dan akan digantikan oleh AKBP Dicky Hermansyah Saragih, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag RBP Ro Rena Polda Papua.

Kemudian, Kompol Bambang Suranggono yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit 2 Subdit 4 Dit Intelkam Polda Papua mendapatkan promosi jabatan sebagai P.S. Kapolres Dogiyai.

Kapolda Papua Mathius Fakiri mengatakan kegiatan serah terima jabatan dalam suatu organisasi adalah merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi, memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi sehingga organisasi tetap berjalan dan berkesinambungan.

Menurut Kapolda, mutasi pada suatu jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan dengan efektif dan mengalami peningkatan kualitas kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun operasional, sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat.

"Kepada pejabat yang baru Kombes Pol Andi Anugrah dan AKBP I Gede Putra selamat datang di bumi Cenderawasih. Serta kepada pejabat yang baru dilantik saya ucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai Pejabat Utama dan Kapolres di jajaran Polda Papua," ujarnya  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya