Tetap Pakai Masker, Walkot Bandung Serahkan Keyakinan ke Masyarakat

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana
Sumber :
  • VIVA/ Adi Suparman

VIVA – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana membebaskan masyarakat untuk mengikuti aturan pemerintah yang membebaskan aktivitas di luar ruangan tak perlu mengenakan masker. Yana memastikan, masker saat ini tetap diperlukan menghindari paparan COVID-19 dan penyakit lainnya.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

"Saat ini, Presiden mengatakan soal kegiatan outdoor bisa membuka masker. Kita serahkan lagi kepada keyakinan masyarakat," ujar Yana di Gedung Generasi Muda Bandung, Rabu 18 Mei 2022. 

Yana menilai, dengan pengalaman terpapar COVID-19, penggunaan masker sangat diperlukan. "Bagi orang yang pertama mengalami COVID-19, saya tetap menggunakan masker sebagai alat kesehatan saya," ujarnya. 

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

"Tapi sekali lagi cukup yakin virus covid itu pastinya bermutasi, penyebarannya droplet. Mudah-mudahan penggunaan masker bisa menghindari COVID-19," tambahnya. 

Yana mengaku yakin situasi pandemi COVID-19 di Kota Bandung relatif terkendali. Bahkan sudah masuk fase endemi. Keyakinan itu merujuk pada hasil vaksinasi.

PKS Siapkan 3 Kader untuk Bertarung di Pilkada Kota Yogyakarta

"Berdasarkan indikator yang ada dan proses vaksinasi di Kota Bandung sangat luar biasa. (Vaksinasi) Dosis pertama, 113 persen, dosis kedua sudah 103 persen dan dosis ketiga itu 34 persen," katanya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, berdasarkan organisasi kesehatan dunia, WHO, bahwa wilayah yang vaksinasinya 100 persen maka secara teori sudah masuk endemi. Sementara Bandung memenuhi kriteria tersebut.

"Kelihatannya teori terbukti di Kota Bandung karena pada saat Omicron, dari 100 persen yang meninggal, 70 persen itu orang belum dapat vaksin dan 30 persennya komorbid," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya