Jaksa Agung ke Calon Anak Buah: Harus Update

Jaksa Agung ST Burhanuddin
Sumber :
  • Kejaksaan Agung

VIVA – Jaksa Agung Burhanuddin berharap kepada calon jaksa agar memiliki pikiran terbuka dan cepat tanggap mengenai isu - isu aktual sesuai perkembangan zaman.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

"Saya minta hal ini juga menjadi perhatian serius para penyelenggara, agar para peserta memperoleh pengetahuan yang up to date, dan diperkaya dengan keilmuan dan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga materi pembelajaran dan diskusi yang berkembang di kelas menjadi aktual dan diharapkan peserta mampu menjawab problematika hukum yang tengah terjadi saat ini,” kata Burhanuddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu 18 Mei 2022.

Jaksa Agung ST Burhanuddin

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan

Ia juga menyampaikan dalam era revolusi yang begitu canggih dan cepat seperti sekarang akan menimbulkan dinamika dan berdampak besar bagi kehidupan sosial, budaya kemasyarakatan. 

"Dinamika perubahan yang tengah terjadi tersebut pasti akan menimbulkan problematika hukum yang kompleks, Artinya dengan teknologi, manusia dimungkinkan  berada pada satu tempat dan waktu tertentu, namun secara bersamaan dapat melakukan perbuatan hukum dimanapun dan kapan pun melewati batas yuridiksi,”

Indonesia Jadi Anggota Penuh Satgas Aksi Keuangan di FATF, Ini Tujuannya

“Selain itu kemajuan teknologi kecerdasan buatan yang diproyeksikan akan menggantikan fungsi manusia dalam melakukan pekerjaan tertentu juga akan menimbulkan permasalahan hukum yang baru,” ujarnya. 

Ia pun memberi contoh permasalahan hukum, yaitu dikembangkannya kendaraan otonom sebagai alat transportasi canggih tanpa sopir. 

"Potensi permasalahan hukumnya adalah ketika kendaraan tersebut mengalami kecelakaan, maka siapa yang akan dipertanggungjawabkan secara pidana?,” tutup Burhanuddin.

Arahan Jaksa Agung RI disampaikan melalui Wakil Jaksa Agung RI Sunarta pada Acara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pembentukan Jaksa (PPPJ) Angkatan LXXIX (79) Gelombang I Tahun 2022 yang dibuka pada Rabu 18 Mei 2022 dan diikuti 320 (tiga ratus dua puluh) orang peserta PPPJ. (K.3.3.1).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya