Warga Jangan Terprovokasi Ledakan Misterius

Warga Kampung Legok menyaksikan tanah yang amblas
Sumber :
  • Iwan Kurniawan/Bandung

VIVAnews -- Camat Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat, Denny Tandrus mengimbau, warga di tiga desa yang merasakan ledakan agar tidak mudah terprovokasi.

MeskiĀ  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana GeologiĀ  (PVMBG) sudah memastikan ledakan berasal dari dalam perut bumi, masih saja ada warga yang menuding sumber ledakan berasal dari peternakan ayam Missauri yang terletak tidak jauh dari pemukiman warga.

"Hingga kini komunikasi terus dilakukan secara intensif kepada warga agar tidak mudah terprovokasi," ujar Camat Tanjungsari Denny Tandrus kepada VIVAnews di Sumedang, 29 April 2010.

Menurutnya keadaan warga di tiga desa sempat tegang karena menduga sumber ledakan dan getaran tanah berasal dari peternakan ayam Missauri. Warga menuding getaran akibat eksploitasi air tanah besar-besaran.

Pihak kecamatan dan peneliti dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah masuk ke peternakan ayam dan meneliti.

Hasilnya, tidak ditemukan adanya bukti bila ledakan dan getaran bersumber dari satu titik di peternakan ayam tersebut.

Selama ini, Missauri (peternakan ayam) hanya mempunyai satu titik arthesis (pengeboran air sumur bawah tanah). Bahkan, selama ini peternakan ayam tidak banyak mengonsumsi air.

"Jadi tidak ada aktivitas penggalian bawah tanah oleh peternakan ayam. Karena Kebutuhan airnya hanya sedikit, 120 kubik/bulan, yakni hanya air untuk minum ayam," ujarnya.

Peneliti PVMBG, Muhammad Endang Ilyas mengatakan ledakan dan getaran yang terjadi merupakan fenomena geologi dan bukan berasal dari eksploitasi air tanah besar-besaran. "Kalau gara-gara arhtesis getarannya tidak sekuat ini," ujarnya.

Sementara, Richard pemilik peternakan ayam Missauri menyatakan, saat ledakan dan getaran terjadi peternakan juga merasakan. "Kami juga ikut merasakannya dan asal suara ledakan juga berasal dari luar peternakan," ujarnya.

Laporan: Iwan Kurniawan | Bandung

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024