Aktivitas Masyarakat Dekati Normal, Vaksinasi di Aceh Dikebut

Vaksinasi massal di Aceh
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Intelijen Negara (BIN) terus melakukan percepatan vaksinasi guna memastikan keberlanjutan penurunan kasus Covid-19.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Menurut Kepala BIN Daerah (Kabinda) Aceh, Andi Roediprijatna W, interaksi dan mobilitas masyarakat pasca libur Lebaran tetap tinggi lantaran aktivitas kembali menuju normal, pembatasan sosial juga terus berkurang. Terakhir, Pemerintah memperbolehkan masyarakat tidak menggunakan masker saat berada di tempat terbuka  dan tidak ramai.

"Karena itu, pemerataan dan peningkatan capaian target vaksinasi semakin penting. Yaitu, guna memastikan kualitas kekebalan komunal masyarakat semakin baik dan bertahan lama. Mereka terlindungi dari kemungkinan terpapar atau dari ancaman sakit parah karena Covid-19," ujar Andi Roediprijatna, Kamis, 19 Mei 2022.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Andi menegaskan, jajarannya akan terus menggencarkan pemerataan vaksinasi di semua wilayah provinsi Aceh. Terutama untuk mengejar rasio capaian vaksinasi dosis kedua dan ketiga yang terbilang tertinggal dibanding dosis pertama. 

"Dalam gelaran vaksinasi semenjak pandemi, capaian vaksinasi di Aceh untuk dosis satu mencapai 100,11 persen dari target; sementara dosis dua mencapai 75,89 persen, dan dosis ketiga mendekati 40 persen. Ini yang mendorong kami untuk menggencarkan vaksinasi di semua wilayah, terutama dosis kedua dan ketiga," paparnya.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Saat ini, aktivitas masyarakat baik di perkantoran, pasar, maupun di sekolah sudah mendekati normal; menyusul semakin dikuranginya restriksi sosial. Fenomena ini, menurut Kabinda Aceh, harus dimitigasi agar risiko penyebaran Covid-19 bisa ditekan serendah mungkin.

Kabinda Aceh ini mengimbau masyarakat mendatangi sentra vaksinasi yang disediakan jajarannya dan menerapkan pola hidup sehat dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Dengan begitu, pandemi Covid-19 pada waktunya nanti dapat bertransisi menuju endemi.

"Kami mengajak masyarakat untuk melengkapi vaksinasi dosis satu hingga booster dan menerapkan prokes saat beraktivitas," imbuhnya.

Dalam sepekan ini, BIN menggalakan vaksinasi di semua wilayah kota dan kabupaten Aceh. Adapun wilayah tersebut yakni Banda Aceh, Aceh timur, Aceh Tengah, Singkil, Bener Meriah, Bireun Pidie hingga Lhokseumawe.

Baca juga: Satgas: Diharap Tes COVID-19 jika Miliki Riwayat Pergi Jarak Jauh

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya