Alasan Oknum Polisi Umbar Tembakan di Depan Perempuan-Anak di Sidoarjo

Senjata api - pistol - senpi/ilustrasi
Senjata api - pistol - senpi/ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Seorang anggota Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya berinisial Brigadir ACA meletuskan tembakan ke udara sebanyak dua kali saat terlibat cekcok dengan warga di Dusun Tambak Bulak, Tambak Rejo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Senin, 16 Mei 2022. Ironisnya, aksi koboi Brigadir ACA dilakukan di depan dua perempuan yang salah satunya menggendong balita. 

Wakil Kepala Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Hartoyo menjelaskan, insiden tersebut terjadi karena adanya kesalahpahaman antara Brigadir ACA dengan tetangganya sendiri yang tinggal di lokasi kejadian. Menggunakan mobil, saat itu Brigadir ACA tengah terburu-buru membawa istrinya yang akan melahirkan dan tengah pendarahan.

Hartoyo menyebut saat itu Brigadir ACA dalam situasi darurat, sehingga spontan mengeluarkan tembakan. 

"Istrinya akan [melahirkan] mengeluarkan pendarahan, sehingga tergesa-gesa. Kemudian sempat terjadi kesalahpahaman dengan tetangga," kata Hartoyo kepada wartawan yang dikutip pada Kamis, 19 Mei 2022.

Hartoyo meminta maaf kepada masyarakat. Sebab, kata dia, apa pun alasannya aksi koboi yang dilakukan Brigadir ACA tidak dibenarkan.

Capture anggota Polrestabes Surabaya umbar tembakan karena cekcok dengan warga di Sidoarjo.

Capture anggota Polrestabes Surabaya umbar tembakan karena cekcok dengan warga di Sidoarjo.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
 

Menurutnya, penggunaan senjata api (senpi) oleh anggota Polri sudah diatur dan ada SOP-nya. Maka itu, Propam Polrestabes Surabaya turun tangan dan langsung menyita senpi tersebut. Brigadir ACA juga diperiksa.