6 Tanggapan soal Deportasi UAS, dari Fadli Zon hingga Mahfud MD

Ustaz Abdul Somad Batubara
Ustaz Abdul Somad Batubara
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Belum lama ini Ustadz Abdul Somad (UAS) diketahui dideportasi dari Singapura bersama rombongannya pada 16 Mei 2022. Ustadz Abdul Somad tidak diizinkan masuk oleh Immigration and Checkpoints Authority (ICA) Singapura. 

Berdasarkan keterangan dari MHA Singapura, UAS dianggap sebagai penyebar ajaran ekstrimis, menyebut non muslim sebagai kafir dan dianggap berpura-pura melakukan kunjungan sosial ke Singapura. Sehingga pihak pemerintah Singapura tidak memperbolehkan UAS dan rombongannya masuk ke negara mereka. 

Persoalan deportasi UAS ini langsung mendapatkan tanggapan dari berbagai pihak. Berikut ini tanggapan deportasi UAS yang diberikan oleh politikus hingga Mahfud MD yang dirangkum dari artikel VIVA sebelumnya. 

1. Fadli Zon

Fadli Zon yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Anggota DPR ikut terpantik perhatiannya pada peristiwa yang dialami oleh UAS tersebut. Menurutnya apa yang dilakukan oleh Singapura terhadap UAS seperti penghinaan padahal UAS sendiri adalah seorang ulama dan dihormati sebagai warga negara Indonesia. 

"UAS adalah warga negara Indonesia terhormat, seorang ulama n intelektual. Kejadian ini penghinaan," tulis Fadli dalam cuitan Twitternya, @fadlizon yang dikutip VIVA pada Kamis, 19 Mei 2022.

"Sangat tak pantas pihak Singapura memperlakukan UAS spt itu termasuk “deportasi” tanpa penjelasan. Dubes RI di Singapura harus menjelaskan peristiwa ini n tidak lepas tangan," tambah Fadli dalam cuitannya.