Derita Sarip, Tukang Es Keliling yang Terkena Kanker Tulang

Sarip, tukang es yang terkena penyakit kanker tulang.
Sarip, tukang es yang terkena penyakit kanker tulang.
Sumber :
  • Dokumentasi Pak RT Rahmat .

VIVA - Warga Kampung Wirana Pasir, RT 01 RW 01, Desa Wirana, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten, Sarip (37), tengah berjuang melawan kanker tulang. Sebelum sakit, dia menafkahi keluarganya dengan berjualan es keliling, namun sejak dua tahun terakhir dia tidak bisa mencari nafkah karena penyakitnya.

Sarip, tukang es yang terkena penyakit kanker tulang.

Sarip, tukang es yang terkena penyakit kanker tulang.

Photo :
  • Dokumentasi Pak RT Rahmat .

Sudah Dua Tahun

"Sakit kanker sudah 2 tahun. Sudah 2 kali operasi, sama yang ini udah 3 kali operasi. Kanker tulang ganas. Dioperasi di RSUD Serang, dua kali operasi kemarin di RSUD Serang juga sama," kata Ketua RT setempat, Rahmat, saat dikonfirmasi melalui selulernya, Kamis, 19 Mei 2022.

Punya 5 Anak

Sarip memiliki lima orang anak, paling kecil berusia 40 hari dan paling besar duduk di kelas 1 SMP.

Rahmat bercerita warga Desa Wirana selalu bergotong royong untuk membantu kebutuhan harian keluarga Sarip, karena sang kepala keluarga tidak bisa mencari nafkah sejak dua tahun terakhir.

"Waktu masih sehat jualan es keliling. Selama sakit ini enggak kerja. Justru itu dia minta bantuan para RT ala kadarnya gitu, bahkan satu desa. Sekolahnya ada ibu nya," katanya.

Rahmat sangat berharap BPJS Mandiri Kelas 3 yang selalu dibayar oleh Sarip untuk berobat bisa ditanggung pemerintah. Menurutnya, uang yang harus dibayarkan setiap bulan lebih baik digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga Sarip.

Rahmat mengaku beruntung, pengobatan kali ketiga ini juga dibantu oleh Eki Baihaki, anggota DPRD Kabupaten Serang sehingga meringankan beban keluarga.

"Biaya berobat alhamdulillah dari BPJS dan ada dewan yang membantu kami. Pakai BPJS Mandiri kelas tiga, justru itu dia pengin diubah gitu, karena dia enggak bisa bayar gitu," katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Serang, Eki Baihaki, berjanji akan membantu pemindahan BPJS Mandiri Sarip agar ditanggung oleh pemerintah, sehingga meringankan beban premi yang harus dibayar setiap bulan oleh Sarip.

Eki menerangkan saat ini Sarip masih dalam pemeriksaan tim dokter RSUD Serang, untuk diberikan penanganan medis yang dibutuhkan.

"Sebelumnya Pak Sarip menggunakan BPJS Mandiri, karena keterbatasan ekonomi dan memenuhi kriteria dari BPJS yang ditanggung oleh pemerintah. Insya Allah kedepannya BPJS Pak Sarip akan ditanggung oleh pemerintah," kata Eki Baihaki.

Politisi Demokrat ini mengapresiasi kinerja Dinkes Kabupaten Serang dan RSUD Serang yang tanggap memberikan pengobatan pada Sarip, penderita kanker tulang.

Dia berharap warga tidak mampu harus terus di data dan memiliki BPJS yang ditanggung oleh pemerintah, sehingga tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya pengobatan maupun membayar premi tiap bulannya.

"Kedepan diharapkan untuk warga masuk kriteria tidak mampu, dapat masuk kedalam program BPJS yang didanai oleh pemerintah," katanya.