Pimpin Upacara Harkitnas, Ganjar: Saatnya Bangkit Setelah Pandemi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat pimpin upacara Harkitnas.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat pimpin upacara Harkitnas.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 114 di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang, Jumat, 20 Mei 2022.

Dalam pidatonya, ia menyebutkan, Kebangkitan Nasional menjadi momentum masyarakat Indonesia bangkit setelah pandemi. Menurutnya, sinyal itu juga telah diberikan oleh Presiden Joko Widodo dengan kebijakan terbaru soal penggunaan masker.

"Kita tetap berhati-hati, itu kewaspadaan. Dan yang kedua kebangkitan ekonomi setelah kita mengalami krisis kesehatan kemarin,” kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Momen ini, lanjutnya, sekaligus kesempatan bagi Indonesia menunjukkan peran dalam pelaksanaan G20 untuk mempengaruhi kondisi global.

"Pengalaman di masa pandemi telah menyadarkan bahwa bangsa Indonesia harus bisa mandiri dalam ekonomi. Kita siapkan betul krisis globalnya mesti diantisipasi dengan kekuatan lokal," ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, ada beberapa sektor yang hingga kini masih dalam posisi tidak mudah agar bisa bangkit, yaitu pangan dan energi.