Kunjungi TMP Seroja di Timor Leste, Mahfud Kenang Perkataan Bung Karno

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.

VIVA – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menceritakan sejumlah kegiatan yang dilakukan selama berada di Dili, Timor Leste

Kalah di Pilpres 2024, Ini Kegiatan yang Bakal Dilakukan Mahfud Selanjutnya

Menurut Mahfud, dia sempat meluangkan waktu untuk mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja di Dili.

Ziarah ini dilakukah Mahfud pada Kamis, 19 Mei 2022 atau sebelum Mahfud menghadiri acara pelantikan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta.

Mahfud Ngaku Tak Ada Tawaran Masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Sebelum menghadiri acara pelantikan Presiden dan perayaan ke-20 tahun kemerdekaan Timor Leste yang akan berlangsung malam ini, tadi siang saya melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja di Dili," kata Mahfud Jumat, 20 Mei 2022.

Menko Polhukam Mahfud MD

Photo :
  • Dok Humas Pemda DIY
Ganjar Pranowo: Saya Tidak Akan Bergabung di Pemerintahan

Menurut Mahfud, tempat ini adalah tempat dimakamkannya pahlawan Seroja. Ada sekitar 600 makam di Taman Makam Pahlawan ini.

"Di mana ada pahlawan, kita beri hormat seperti yang sekarang ini saya lakukan, meski di luar negeri. Mereka adalah pahlawan nasional kita," ujarnya.

Mahfud juga mengutip pernyataan Presiden pertama RI Soekarno yang menyebut bangsa besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

"Kata Bung Karno: hanya bangsa yang menghargai para pahlawannya yang bisa menjadi bangsa yang besar. Kita sudah menjadi bangsa yang besar dan ingin tetap menjadi bangsa yang besar," ujar Mahfud.

Dalam kesempatan ini, Mahfud didampingi Duta Besar RI di Dili Okto Manik dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat. 

Taman Makam Pahlawan Seroja di Dili merupakan tempat peristirahatan terakhir sekitar 600 para pahlawan integrasi yang gugur dalam konflik bersenjata di Timor Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya