KPK Tahan Hasanuddin Ibrahim

Keterangan Pers Penahanan Tersangka Hasanuddin Ibrahim di Gedung KPK
Sumber :
  • VIVA/ Syaefullah

VIVA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Hasanuddin Ibrahim (HI), terhitung tanggal 20 Mei 2022 sampai dengan 8 Juni 2022 di Rutan KPK. Hasanuddin adalah mantan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan).  

Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

Deputi Penindakan KPK, Karyoto mengatakan penahanan tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan Pupuk Hayati untuk Pengendalian organisme penggangu tumbuhan (OPT) pada Kementerian Pertanian tahun anggaran 2013. 

"Untuk kepentingan penyidikan, dilakukan upaya paksa penahanan oleh tim penyidik," kata Karyoto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat, 20 Mei 2022. 

Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

Dia menyebutkan, bahwa Hasanuddin Ibrahim telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu sejak 2016 lalu. Ia menjadi tersangka bersama-sama dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Ditjen Hortikultura, Eko Mardiyanto (EM) dan seorang pihak swasta, Sutrisno (SUT). Total, ada tiga tersangka dalam kasus ini. 

Ketiga tersangka tersebut diduga telah memperkaya diri sendiri, orang lain, maupun korporasi yang dapat merugikan keuangan negara terkait pengadaan OPT. Adapun, nilai kontrak pengadaan OPT tersebut sekira Rp18,6 miliar. 

Periksa Dirut PT Taspen Nonaktif, KPK Bocorkan Statusnya Sudah Tersangka

"Atas perbuatan tersangka tersebut diduga mengakibatkan kerugian keuangan negara sejumlah sekitar Rp12,9 miliar dari nilai proyek Rp18,6 miliar," tuturnya. 

Akibat perbuatannya, mereka dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah Undang-Undang 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya