RS Hasan Sadikin Bandung Angkat Bicara Soal Pasien Meninggal

Ilustrasi pasien di rumah sakit.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, angkat bicara terkait viralnya dugaan penanganan medis terhadap pasien Asih Sekarningsih. RSHS memastikan, tindakan medis kepada yang bersangkutan sesuai prosedur tanpa ada keterlambatan penggantian tabung oksigen.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

"Pelayanan yang kami berikan kepada pasien kami, termasuk pasien yang ada di video viral tersebut, telah kami lihat, sesuai dengan prosedur. Sesuai dengan standar pelayanan yang ada di Rumah Sakit Hasan Sadikin ini. Dari pasien datang di IGD, kemudian kami memberikan pelayanan atau perawatan di rawat inap, sampai pasien meninggal pun, itu yang kami berikan sesuai standar, sesuai prosedur," jelas Plh Direktur Utama RSHS, Yana Akhmad dalam keterangan virtualnya, Jumat 20 Mei 2022.

Jelas dia, suplai oksigen dari tabung kepada pasien masih berfungsi terlihat dari masker pasien yang mengembang. 

Detik-detik Pengemudi Zenix Lawan Arah di BSD, Diingatkan Malah Marah

"Ada tabung-tabung oksigen, ada masker yang dipakaikan kepada pasiennya, dan ada salurannya maskernya, itu masih menggembung, artinya masih berisi udara," katanya.

"Kalau dilihat dari tabungnya yang terlihat ada angka-angka yang menunjukkan berapa volume oksigen, di situ jadi tidak kosong," tambahnya.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Lebih lanjut dijelaskannya, di ruangan perawatan juga disiapkan tabung oksigen. Itu sebagai antisipasi jika tabung yang digunakan telah habis.

"Bisa terlihat di video. Selanjutnya keluarga pasien sejak di IGD kami sampaikan prosedur SOP yang standar di kami, sudah dijelaskan, diedukasi, mengenai kondisi pasien sebenarnya," lanjutnya.

Sebelumnya, peristiwa nahas fasilitas pelayanan kesehatan kembali menghebohkan media sosial. Pasalnya seorang pria yang diduga istrinya menjadi korban, membagikan momen menyakitkan tersebut.

Terlihat dalam video tersebut seorang perempuan tengah terengah kesulitan bernafas sebab oksigen dalam tabung yang dipakainya habis.

"Gara-gara petugas ini, tuh liat, petugas lalai," ucap pria perekam video tersebut dilansir dari video yang diunggah akun instagram @infobandungbarat.

Pria perekam video yang diduga suami dari perempuan tersebut juga sempat berdebat dengan beberapa orang yang diduga perawat qtau petugas di fasilitas kesehatan tersebut.

"Punten gimana pak? Istri saya itu, entar dulu, liat ituh, udah dibilangin, itu kan udah habis gasnya, malah caricing (diam)," ucap pria tersebut.

"Pokoknya kalau ada apa-apa sama istri saya, kalian semua saya tuntut," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya