Tolak Perpecahan, AAI Jaksel Dorong Rekonsiliasi Nasional

Pengambilan Sumpah Advokat (Ilustrasi).
Pengambilan Sumpah Advokat (Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Jakarta Selatan menggelar rapat. Agenda rapat itu membahas kisruh dualisme kepemimpinan AAI di tingkat pusat. 

Rapat tersebut dihadiri para pengurus AAI Jakarta Selatan Periode 2019-2024. Agenda utama membahas permasalahan organisasi yang dihadapi AAI dengan adanya penundaaan munas dan dualisme kepengurusan dari Dewan Pimpinan Pusat AAI.

"Hasil dari Rapat Pengurus DPC AAI Jaksel menegaskan kembali posisi dan pandangan DPC AAI Jaksel untuk secara organisasi untuk dapat dicapainya Rekonsiliasi Nasional untuk satunya AAI," kata Ketua DPC AAI Jakarta Selatan, Alfin Sulaiman di Jakarta, Sabtu, 21 Mei 2022.

Alfin mengatakan, DPC AAI Jakarta Selatan secara kelembagaan bersikap netral. Adapun anggota yang memilih ke salah satu kepengurusan DPP adalah pilihan individu masing-masing.

Menurut dia, gaung rekonsiliasi nasional sudah disampaikan sebelumnya kepada seluruh anggota AAI Jakarta Selatan. Hal itu juga disampaikan kepada anggota AAI secara umum.

"AAI secara umum pada 14 Februari 2022 lalu melalui surat yang dikirimkan kepada para anggota AAI Jakarta Selatan, secara kelembagaan bersikap netral. Dan, kami berupaya agar AAI ditingkat pusat dapat bersatu kembali," jelas Alfin. 

Di sisi lain, Rendy Kailimang selaku sekretaris DPC AAI Jaksel menyampaikan, meskipun terjadi dualisme kepengurusan DPP, namun para anggota AAI Jak-Sel harus tetap solid. Ia menekankan mesti guyub di bawah rumah bersama AAI Jakarta Selantan.