Cara Relawan Ganjar Bantu Dongkrak Mutu SDM Era Society 5.0 di Solo

Relawan Sahabat Ganjar gelar Lomba Kejuruan Siswa se Solo Raya, Jawa Tengah.
Relawan Sahabat Ganjar gelar Lomba Kejuruan Siswa se Solo Raya, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo yaitu Sahabat Ganjar atau Saga menyambangi Solo, Jawa Tengah. Mereka punya strategi tersendiri untuk mendekatkan dengan masyarakat terutama kalangan milenial.

Wakil DPW Sahabat Ganjar Jawa Tengah, Herson Rikumau menyampaikan sesuai tema kegiatan pihaknya mengadakan lomba kejuruan siswa SMK TKJ se Solo Raya. Dia bilang tema di Solo kali ini yaitu 'Mempersiapkan Kompetensi SDM yang Berdaya Saing pada Era Society 5.0'.

Herson mengatakan pihaknya mengadakan lomba kejuruan siswa SMK TKJ Se-Solo Raya dengan mencakup Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan Klaten. Pun, kegiatan ini dilaksanakan secara terpusat di Hotel Novotel Solo pada Sabtu, 21 Mei 2022. Sementara, peserta lomba berasal dari 18 SMK terbaik unggulan di Solo Raya. 

"Tujuan utama pendidikan kejuruan adalah memberikan keterampilan khusus dan pengetahuan tentang dunia industri kepada siswa sebagai bekal untuk memperoleh pekerjaan,' kata Herson, dalam keterangannya, Sabtu, 21 Mei 2022.

Ganjar Pranowo saat menghadiri rakernas Projo di Magelang.

Ganjar Pranowo saat menghadiri rakernas Projo di Magelang.

Photo :
  • Istimewa

Menurut dia, lulusan SMK sebagai jenjang serius sebagai sumber daya manusia atau SDM yang akan memasuki dunia kerja. Selain itu, dengan pendidikan juga dapat mengembangkan sikap profesional, mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri.

Dia bilang hal tersebut yang jadi bekal lulusan SMK dengan jadi tenaga kerja tingkat menengah. Dengan demikian,  bisa bantu memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini maupun masa datang.