Jenazah Achmad Yurianto Dimakamkan di Kota Batu

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Jenazah mantan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19, Achmad Yurianto disemayamkan di rumah duka Jalan Ir Soekarno nomor 31 Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu, 21 Mei 2022. Yurianto sempat menjalani perawatan terkait kanker usus di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang selama 3 hari.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Perawatan di rumah sakit Malang sejak Kamis, Jumat dan Sabtu di RSSA. Sebelumnya di RSPAD. Rencananya dimakamkan di TPU deket sini," kata Kakak mendiang Achmad Yurianto, yakni Yurianti di rumah duka.

Pantauan di lokasi beberapa pelayat terus berdatangan ke rumah duka. Mendiang Achmad Yurianto meninggal dunia sekira pukul 18.50 WIB. Lalu jenazah sendiri tiba pukul 21.20 di rumah duka. Yurianti menegaskan bahwa adiknya selama ini tidak memiliki penyakit akut.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Riwayat sakit setahu saya tidak ada, sakit sakit biasa, mungkin kecapekan. Dan mungkin sudah jalan hidupnya seperti ini," ujar Yurianti.

Sebelum menjalani perawatan di Malang, Yurianto sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat selama beberapa pekan. Kemudian, Yurianto memutuskan melanjutkan pengobatan kanker usus di Malang, yang merupakan kampung halamannya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sosok almarhum Achmad Yurianto dikenal saat menjabat sebagai Jubir Satgas Penanganan Covid-19 di awal pandemi. Wajahnya kerap menghiasi layar televisi saat melaporkan data update jumlah kasus COVID-19 di Tanah Air selama kurun waktu Maret 2020 sampai Juli 2021.

Namun, posisi Yurianto sebagai Jubir Satgas COVID-19 kemudian digantikan Prof Wiku Adisasmito.

Baca juga: Mengenang Sosok Achmad Yurianto: Militer dan Dokter yang Periang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya