Kakak Kenang Sosok Achmad Yurianto: Irit Bicara, Banyak Berbuat Baik

Keluarga mendoakan jenazah Achmad Yurianto
Keluarga mendoakan jenazah Achmad Yurianto
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Kakak dari mendiang eks Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, yakni Sri Yurianti mengenang sosok adiknya itu sebagai pribadi yang tidak banyak ngomong tapi banyak berbuat baik. Mendiang juga dikenang sebagai sosok yang menyenangkan. 

"Sosok adik dia yang paling baik. Dididik keluarga tidak banyak ngomong tapi banyak berbuat baik. Lucu guyonan juga. Dan dia selama ini tidak pernah mengeluh lebih sering bercanda," kata Sri Yurianti, Minggu, 22 Mei 2022. 

Yurianto merupakan anak ke-7 dari 9 bersaudara. Kedua orangtuanya dan semua kakak atau saudaranya telah diberangkatkan untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci. Kedermawanan Achmad Yurianto bahkan sampai tukang kebun dan pembantunya turut diberangkatkan ibadah umrah. 

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto

Photo :
  • covid19.go.id

Saat momen lebaran Idulfitri kemarin, Achmad Yurianto tidak pulang kampung karena sudah sakit. Dia menyapa keluarganya melalui virtual untuk saling mengucap maaf dan mengucapkan selamat hari raya Idulfitri. 

"Alhamdulillah kakaknya diumrohkan semua. Komunikasi terakhir lucu-lucuan waktu lebaran habis itu dia sibuk banget. Lebaran ngucapin hari raya, lebaran sempat bercanda. Yang diumrohkan juga pembantunya, tukang kebun, semua kakak perempuannya," ujar Sri Yurianti. 

Achmad Yurianto menghabiskan masa kecil di daerah Ksatrian, Blimbing, Kota Malang, sebelum akhirnya pindah ke Kota Batu. Dia mengenyam pendidikan sekolah dasar (SD) di Narotama 3, lalu bersekolah di SMPN 3 Kota Malang berlanjut sekolah di SMAN 3 Kota Malang.