Haji Sondani Cerita Awal Kenal Istrinya yang Berusia 19 Tahun

Juragan tanah H. Sondani yang nikahi gadis 19 tahun.
Juragan tanah H. Sondani yang nikahi gadis 19 tahun.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Berkenalan selama kurun waktu satu bulan, Haji Sondani (63) dan istri yang usianya terpaut 44 tahun itu akhirnya menikah, Rabu 18 Mei 2022.

Saat ditemui, H Sondani dengan senang hati menceritakan pertemuannya dengan Fia Berlanti yang berusia 19 tahun. Usia bukan menjadi hal yang perlu dipermasalahkan, keduanya memang saling menerima bukan atas dasar paksaan. 

"Awal mengenal istri saya, saat ziarah ke Pulau Panjang, Jepara. Dia terlihat pendemian dan sedang duduk di pinggir pantai di bawah pohon, saya samperin. saat itu pertama kali saya ngobrol sama dia," kata H. Sondani.

Selain itu, sepulangnya dari ziarah tersebut, H Sondani mencari tahu tentang sang istri kepada orang yang mendata nama-nama peserta ziarah saat itu. 

"Saya berkenalan hari Sabtu, saat bulan puasa saya main ke rumahnya, saya ajak jalan ternyata mau, sampai akhirnya hari sabtu tepat satu bulan mengenal istri saya bertemu dengan orang tuanya," ungkapnya.

Sebelum pertemuannya tersebut, H Sondani berucap akan mengumrohkan keluarga kedua orang tua sang istri. 

"Tapi ternyata, ibu istri saya sudah meninggal berati saya akan mengumrohkan bapak dan keluarganya jumlahnya 16 orang," ucapnya. 

Lantas pertemuannya dengan keluarga Fia, sempat tidak mendapat jawaban. H Sondani memberikan waktu untuknya. 

"Setelah bulan puasa saya di ketemu orang tuanya, dan langsung saya berterus terang untuk melamar dia, dia sendiri awalnya diem aja, akhirnya saya berikan waktu sampai besok jam 16:00 wib," katanya.

Rupanya jawaban Fia, diluar dugaan. "Ternyata lamaran saya di terima, padahal saya sudah menjelaskan ke bapaknya kalau tidak diterima gak masalah masih bisa jadi saudara," ujarnya.

Setelah pernikahan berlangsung, H Sondani memboyong seluruh keluarga bertamasya ke pemandian air panas guci, Jawa Tengah.

"Karena di sini (rumahnya) masih ramai soal pernikahan saya, saya pergi ke Guci bisa disebut bulan madu pertama," tuturnya.

Sepeninggal istri tercinta Kartini, sekitar 10 bulan terakhir. H Sondani memberanikan diri untuk meminang Fia yang saat ini sudah menjadi istrinya. 

"Dengan pemberitaan yang viral saya sendiri tidak masalah, tapi istri saya seperti kepikiran baca berita di sosial media," jelasnya.

Baca juga: Nikahi Gadis 19 Tahun, H Sondani Akan Bulan Madu ke Mekah dan Bali