29 Ribu Jemaah Haji Bakal Berangkat Melalui Bandara Soekarno-Hatta

Suasana di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA - Puluhan ribu jemaah haji terdata akan melakukan keberangkatan menuju Madinah melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Jemaah haji Indonesia menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Bandara Jeddah

Photo :
  • MCH 2019/Darmawan

Berasal dari Beberapa Wilayah

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, M Holik Muardi, mengatakan puluhan ribu jemaah itu berasal dari beberapa wilayah, mulai dari Jakarta, Banten, hingga Lampung.

"Total ada 29 ribu jemaah yang akan berangkat lewat Bandara Soetta, dan kita sudah melakukan kesiapan baik fasilitas dan pelayanannya," katanya, Senin, 23 Mei 2022.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Skema Khusus

Lanjut dia, pengelola pun telah menyiapkan skema khusus untuk nantinya nantinya dilalui para jemaah saat tiba di bandar udara.

"Tidak sama kayak penumpang pesawat lain atau jemaah umrah. Nanti, untuk para jemaah haji, selepas mereka keluar dari Asrama Haji, contohnya yang di Pondok Gede, Bekasi, langsung diarahkan ke landasan yang ada di Terminal 2F," ujarnya.

Jemaah Akan Diangkut Menggunakan Bus

Para jemaah akan diangkut menggunakan bus, kemudian setibanya di Bandara Seotta, langsung diarahkan melalui sisi udara tepatnya, ke belakang Terminal 2F, dan kemudian langsung naik ke pesawat.

Untuk proses pemeriksaan kesehatan, hingga keimigrasian, secara koordinasi dilakukan di Asrama Haji sehingga setibanya di bandar udara, para jamaah bisa langsung berangkat menjalani ibadah haji.

"Semua pemeriksaan di Asrama Haji, tidak ada di bandara. Hal ini untuk mempersingkat waktu para jemaah di bandar udara," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya