Datangi Miangas, Mahfud MD dan Tito Cek Kondisi Wilayah Perbatasan

Mendagri Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mulai lakukan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2022 di Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Selain itu, juga akan dilakukan pengecekan daerah perbatasan negara di Pulau Miangas.

Belum Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Pemerintah, Hanura Lihat Dinamika Politik

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud menjelaskan pencanangan Gerbangdutas dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian. Kehadiran keduanya karena posisi Mahfud selaku Ketua Pengarah BNPP. 

Adapun, Tito Karnavian merupakan Kepala BNPP. Pencanangan Gerbangdutas itu dijadwalkan dilakukan pada 23-24 Mei 2022.

TKN Sebut Ada Parpol Pengusung Anies dan Ganjar Segera Gabung ke Prabowo-Gibran

Menurut Daud, Gerbangdutas di Melonguane sebagai bentuk komitmen pemerintah membangun perbatasan dengan cara perkuat sinergi prioritas kegiatan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Dia bilang nanti kegiatan ini mencanangkan multistakeholders di seluruh kawasan perbatasan negara.

Menko Polhukam Mahfud MD

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Partai Koalisi Ganjar-Mahfud Md sedang Bahas Langkah Politik usai Putusan MK
 

Kawasan perbatasan negara itu tercatat di 222 kecamatan lokasi prioritas pada 54 Kabupatan/Kota di 15 Provinsi, pada 2022. Ia menekankan sesuai arahan Tito Karnavian, BNNP mesti mendorong kebijakan dan langkah kolektif bersama dengan stakeholders.

"Untuk makin pertegas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mendorong pemerataan pembangunan, dalam upaya kita mewujudkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan negara," kata Daud, dalam keterangannya yang dikutip pada Senin, 23 Mei 2022.

Kemudian, ia menyampaikan tema yang diangkat saat pencanangan Gerbangdutas nanti adalah 'Pembangunan Perbatasan Negara untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural'. Kata dia, dengan tema itu sebagai upaya mendukung kebijakan pembangunan nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pun, dia menambahkan pelaksanaan pencanangan Gerbangdutas tahun ini dimulai di Manado. Mahfud dan Tito memberikan arahan kepada jajaran Pemda, TNI, dan Polri, pada Senin, 23 Mei 2022. Selanjutnya, dilanjutkan kegiatan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Talaud untuk pencanangan Gerbangdutas 2022.

Agenda lain Mahfud dan Tito juga akan mengecek langsung kondisi Pulau Miangas, pada 24 Mei 2022. Untuk diketahui, Pulau Miangas sebagai salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) berpenduduk yang jadi prioritas dalam penanganannya. Sebab, daerah itu berada di paling utara wilayah NKRI itu juga berbatasan langsung dengan Filipina. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya