Banjir Rob Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Ganjar Langsung Datang

Ganjar Pranowo datangi lokasi banjir Rob di Semarang
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Banjir bandang air laut akibat jebolnya tanggul di dekat Pelabuhan Tanjung Mas Semarang membuat kawasan itu dan pemukiman sekitarnya dihantam air bah pada Senin 23 Mei 2022. Laporan terkini, air semakin tinggi di sekitar pelabuhan diperkirakan lebih dari 1 meter.

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

"Mulai jam jam kalih (dua) siang pak, naik terus sampai sekarang dan ini masih naik,” kata seorang ibu di dekat lokasi banjir.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Senin petang mendatangi salah satu titik banjir di Jalan Arteri Yos Sudarso.

Prabowo ke Anies: Saya Tahu Senyuman Anda Itu Berat Sekali

Di lokasi, Ganjar berkomunikasi intens dengan GM Pelindo sebagai pengelola Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Gimana kondisinya di sana pak? Listriknya masih mati ya, katanya ada tanggul yang jebol ya," tanya Ganjar.

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Komunikasi vua telepon tersebut berlangsung sekitar 10 menit. Setelah itu Gubernur kemudian beranjak ke titik selanjutnya.

Tampak sejumlah pejabat dari BBWS, Dinas PSDA Pemprov Jateng dan perwakilan dari Pemkot Semarang. Mereka langsung terlibat perbincangan dan koordinasi terkait penanganan rob tersebut.

"Dari pemkot saya minta pompa diabsen semua ya. Jalan terus itu untuk menghadapi psikologi masyarakat supaya tidak panik,” kata Ganjar kepada perwakilan Pemkot Semarang.

Ia juga meminta BBWS untuk mengecek dan memperhatikan di wilayah Demak dan Pekalongan sebab kondisi serupa juga terjadi di sana.

“Informasinya disampaikan, jangan sampai masyarakat menerima hoaks. Nomor yang bisa dihubungi juga disiapkan. Saya juga pantau terus,” kata Ganjar.

Saat mendatangi titik-titik lokasi yang terdampak banjir rob, Ganjar sempat berbicara dengan warga dan sopir yang terjebak banjir. Tampak seorang sopir truk yang memarkir kendaraannnya karena tak bisa masuk Pelabuhan Tanjung Mas.

"Ya ini mau ke pelabuhan, tapi di sini sudah tinggi robnya,” kata sopir truk kepada Ganjar.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/tvOne Semarang
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya