Banjir Rob Juga Terjang Kendal

Banjir Rob di Kendal, Jawa Tengah
Banjir Rob di Kendal, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Banjir air laut pasang atau Rob melanda pesisir Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Senin sore, 23 Mei 2022. Air laut menutup areal pantai hingga masuk ke pemukiman. Warga terutama lansia dan orang sakit pun terjebak di dalam rumah. Tim SAR gabungan pun menurunkan tim perahu karet untuk melakukan evakuasi.

Banjir air pasang di pesisir Kendal ini dilaporkan terjadi di tiga Kecamatan dan merendam ribuan rumah warga hingga ketinggian satu meter.

Banyak lansia dan orang  sakit terjebak di dalam rumah. Tim SAR gabungan pun diturunkan untuk mengevakuasi mereka.

Evakuasi di pesisir Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kendal berlangsung dramatis. Tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD dibantu relawan, dengan menggunakan perahu karet menerjang banjir air pasang. Mereka kemudian menggotong lansia dan warga yang sakit dan membawa ke perahu karet. Kemudian mereka dibawa ke tempat yang lebih aman.

Menurut warga, banjir Rob ini yang terparah. Sebelumnya belum pernah banjir rob mencapai ketinggian satu meter. 

"Air sudah naik sejak jam dua siang. Makin sore hingga petang air rob makin tinggi. Belum pernah itu rob bisa setinggi," kata Rozak, warga Mororejo Kendal.

Sementara itu, BPBD Kendal sebelumnya sudah memberi peringatan akan adanya gelombang tinggi yang terjadi pada tanggal 23-24 mei 2022. Untuk itu warga diminta tetap waspada.