Angin Kencang dan Hujan Es di Binjai, 510 Rumah Rusak

Rumah rusak hingga baliho tumbang akibat hujan deras dan angin kencang di Binjai
Sumber :
  • VIVA.co.id/ B.S. Putra.

VIVA - Hujan deras disertai angin kencang dan hujan es terjadi di Kota Binjai, Sumatera Utara, Minggu sore, 22 Mei 2022, mengakibatkan ratusan rumah rusak yang dihuni 510 Kepala Keluarga. Kerusakan rumah ringan hingga sedang.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Rumah rusak hingga baliho tumbang akibat hujan deras dan angin kencang di Binjai

Photo :
  • VIVA.co.id/ B.S. Putra.

Pohon dan Papan Reklame Tumbang

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Selain itu, angin kencang juga mengakibatkan sejumlah pohon dan papan reklame tumbang di Kota Binjai itu.

Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kota Binjai, Muhammad Surya, menjelaskan akibat peristiwa itu, aliran listrik juga sempat padam akibat tiang pemancang tumbang akibat tertimpa pohon.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

“Terdampak lima kecamatan yang terdampak. Data sementara itu hingga jam 12 tadi, ada 510 KK. Data kerusakan yang pasti rusak ringan ada sekian keping beterbangan. Kalau rusak sedang hingga berat ada satu atap terbang karena terhempas angin atau tertimpa pohon,” kata Surya, dikutip pada Selasa, 24 Mei 2022.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang, Sejumlah Tenda di Pelabuhan Merak Roboh

Rumah Warga yang Rusak Tersebar di 5 Kecamatan

Surya menjelaskan rumah warga yang mengalami rusak tersebar di 5 kecamatan. Lokasi terparah terjadi di Kecamatan Binjai Utara dan Binjai Timur.

Namun, hingga kini BPBD masih belum mendirikan tenda posko darurat, karena sejumlah korban masih menumpang di rumah tetangga terdekat.

“Kalau untuk saat ini BPBD belum mendirikan posko. Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, bahwa keluarga yang terdampak saat ini bermukim di rumah keluarga terdekat. Tapi tidak ada korban jiwa,” kata Surya.

Selain rumah warga, sejumlah fasilitas umum dan gedung sekolah juga turut terdampak. Hingga sejumlah siswa harus diliburkan sementara sambil menunggu proses penanganan tuntas.

“Listrik ada beberapa tempat itu alami putus tadi malam karena banyak pohon tumbang di daerah tanah tinggi yang memang jalan protokol itu menimpa tiang listrik. Di Kelurahan Nangka Binjai Utara juga. Banyak juga fasilitas umum seperti TK dan SD tertimpa pohon,” kata Surya.

Pembersihan Sudah Dilakukan

Surya mengatakan proses pembersihan material akibat hujan deras dan angin kencang sudah dibersihkan keseluruhan, termasuk aliran listrik sempat padam kembali normal.

“Tadi malam karena banyaknya lokasi kejadian, gak sempat dikerjai tadi malam. Tapi, pagi tadi sudah selesai semua. Listrik juga sudah aman,” kata Surya.

Hujan Es

Selain angin kencang, hampir seluruh wilayah Kota Binjai juga dilanda hujan es yang berukuran hampir sebesar bentuk guli. Fenomena ini memang sangat langka terjadi di kota tersebut.

“Selama dua atau tiga tahun lalu pernah (hujan es), tapi gak separah ini bang. Selama ini kita hanya mendengar hujan es. Tapi, kejadian semalam ada 5 kecamatan yang laporan ada terjadi hujan es,” tutur Surya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya