8 Polisi di Makassar Dicopot Buntut Kasus Pemuda Tewas Usai Ditangkap

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana.
Sumber :
  • Supriadi Maud/VIVA.

VIVA – Buntut kasus Muhammad Arfandi Ardiansyah (18) yang tewas usai ditangkap membuat delapan polisi anggota Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar dicopot.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana mengatakan, bahwa kedelapan anggota Polri itu kini telah dimutasi ke bagian pelayanan masyarakat (Yanma) Polda Sulsel.

"Iya, kedelapan anggota narkoba Restabes itu ditarik ke Polda untuk ditempatkan di Yanma, karena ini perintah Kapolda," kata Kombes Komang saat dimintai konfirmasi, Selasa 24 Mei 2022.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Komang menjelaskan, bahwa mutasi kedelapan mantan kesatuan narkoba itu dilakukan untuk mempermudah pemeriksaan dari Propam Polda Sulsel. Komang juga membeberkan bahwa mutasi kedelapan polisi narkoba itu telah tertuang dalam surat telegram STR/290/V/KEP/2022 per tanggal 18 Mei 2022.

"Tujuan mutasi untuk mempermudah pemeriksaan dari Propam, karena kedelapannya kan masih diperiksa," beber Komang.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Komang mengaku, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan Propam Polda Sulsel dan autopsi. Sehingga, pihaknya belum bisa menyampaikan ada atau tidaknya kelalaian yang dilakukan oleh mantan anggota polisi narkoba itu.

"Belum kalau itu, kami belum bisa simpulkan, nanti kita lihat hasil pemeriksaan Propam dan hasil autopsinya," jelas Komang.

Sebelumnya diberitakan, kasus kematian Muh Arfandi yang tewas usai ditangkap polisi di Kota Makassar membuat Propam Polda Sulsel turun tangan. Kelapan orang polisi yang mana satu di antaranya merupakan seorang perwira diduga kuat telah terlibat kasus kematian Arfandi.

Dari kedelapan polisi itu diketahui juga satu di antaranya merupakan seorang polisi wanita (Polwan). Meski awalnya Polwan itu hanya didiperiksa sebagai saksi. Namun pihak Propam masih terus mendalami peran Polwan tersebut.

Baca juga: Pemuda di Makassar Tewas Lebam Usai Ditangkap, 8 Polisi Diperiksa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya