Profil Pj Bupati Seram Barat Brigjen Andi Chandra, Sosok Intel Kawakan

Brigjen TNI Andi Chandra Assaduddin dilantik sebagai PJ Bupati Seram Barat
Brigjen TNI Andi Chandra Assaduddin dilantik sebagai PJ Bupati Seram Barat
Sumber :
  • Christ Belseran /tvOne Ambon, Maluku

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui Gubernur Maluku Murad Ismail pada hari ini, Selasa, 24 Mei 2022, akan melantik empat penjabat kepala daerah kabupaten/kota di Maluku. Mereka menggantikan 4 kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Minggu, 22 Mei 2022.

Keempat pejabat kepala daerah yang bakal dilantik oleh Gubernur Maluku adalah Bodewin Watimenna sebagai penjabat Wali Kota Ambon; Djalaludin Salampessy sebagai penjabat Bupati Kabupaten Buru; Daniel L. Indey sebagai penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, serta Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin selaku penjabat bupati kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Keempat penjabat kepala daerah di Maluku ini dilantik berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Gubernur Maluku Murad Ismail melantik empat penjabat Bupati dan Wali Kota

Gubernur Maluku Murad Ismail melantik empat penjabat Bupati dan Wali Kota

Photo :
  • ANTARA/Penina F Mayaut.

Dari empat penjabat kepala daerah penunjukkan Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin sebagai penjabat Bupati Seram Bagian Barat menuai pro kontra. Brigjen Andi merupakan perwira TNI aktif yang kini menjabat Kepala BIN Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.  

Penunjukkan Brigjen Andi berdasarkan keputusan Mendagri Nomor 131.81-1164 tahun 2022 tentang Pengangkatan PJ Bupati Seram Bagian Barat Provinsi Maluku pada 12 Mei 2022. Ia menggantikan Bupati SBB Timotius Akerina yang berakhir massa jabatannya pada 22 mei 2022 lalu.

Keputusan Mendagri ini dinilai bertentangan dengan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 15/PUU-XX/2022. Dimana sesuai ketentuan, prajurit TNI yang menduduki jabatan sipil harus mengundurkan diri dari kedinasan militer atau pensiun.