Sandiaga Uno Ingin Topeng Dalang Sumenep Go Internasional

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri workshop Kabupaten-Kota (KaTa) Kreatif di Sumenep, Jawa Timur. Sandiaga Uno ingin hasil kriya Topeng Dalang Sumenep bisa go internasional.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Awalnya, Sairun (52) salah satu peserta workshop memperlihatkan hasil kriya Topeng Dalam Sumenep miliknya ke Sandiaga. Sairun juga meminta bantuan pengadaan sanggar lantaran aktif pula sebagai seniman Tari Topeng Dalang Sumenep.

"Ternyata solusinya ada di depan mata kita, yaitu kolaborasi. Tadi HIPMI menyediakan sanggarnya jadi tidak perlu pakai lama, tidak perlu pakai anggaran pemerintah, sanggarnya bisa dihadirkan di sini," ujar Sandiaga di Tanean Cafe, Kebunan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, dikutip Rabu, 25 Mei 2022.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Soal pemasaran produk, Sandiaga juga menekankan pentingnya kolaborasi. Yakni lewat pemerintah kabupaten maupun pemerintah pusat.

"Sehingga nanti topeng dan tarian dari Pak Sairun dan tim bisa juga bukan hanya go nasional tapi juga go internasional," ucap Sandiaga.

Soal Sandiaga Kunjungi Rumah Prabowo, Gerindra Sebut Ada Gestur Politik

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga diajarkan Tarian Topeng Dalam Sumenep oleh Sairun. Menparekraf juga sempat ditantang melukis topeng buatan Sairun.

Adapun workshop KaTa Kreatif kali ini bertemakan 'Menciptakan Strategi Bisnis yang Unik untuk Produk Otentik Agar Semakin Dilirik Demi Cuan yang Asyik'.

Baca juga: Sandiaga Uno: Desa Wisata Keris di Sumenep Sangat Unik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya