Tanggul Darurat Jebol, Banjir Rob di Tanjung Emas Naik Lagi

Petugas SAR siaga di pintu pelabuhan Tanjung Emas
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Setelah menurun pada Rabu pagi, 25 Mei 2022, banjir rob kembali menerjang kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Rabu sore. Selain karena air laut pasang naik, banjir juga diakibatkan tumpukan karung pasir atau sandbag yang dipasang sebagai tanggul darurat kembali jebol karena tak kuat menahan arus air rob.

Informasi dari petugas BPBD Jawa Tengah, di bagian depan pelabuhan yang sebelumnya sudah di bawah lutut, pada Rabu sore sudah naik di atas lutut. Bahkan di dalam kawasan industri Tanjung Emas  air kembali mencapai leher orang dewasa.

Selain karena pola rob yang naik pada sore hari, banjir rob ini juga diperbesar akibat tanggul darurat yang dibuat untuk menambal tanggul beton yang bocor, sore ini kembali jebol karena tak kuat menahan arus air laut pasang.

"Iya mas, ini tadi dapat informasi, kantung-kantung pasir yang dipasang sebagai tanggul darurat, kembali jebol karena gelombang air laut. Sandbag atau kantung pasirnya pada hanyut sehinga air laut kembali masuk deras ke kawasan pelabuhan dan kawasan industri Tanjung Emas," jelas Muhammad Komsul, Kasie Pencegahan BPBD Jateng.

Dari pantauan di lapangan, relawan SAR gabungan terus berjaga-jaga di area pelabuhan. Sementara truk kontainer yang sebelumnya beberapa bisa masuk, kembali menunda aktifitas dan memarkir nya di depan gerbang pelabuhan.

Sementara itu air bah dari luapan banjir rob juga kembali menggenangi sejumlah pemukiman. Antara lain di Kelurahan Tanjung Emas, Bandarharjo, dan Kemijen.

Diketahui, sebanyak 5.000 kepala keluarga di dua kelurahan di Semarang Utara masih terdampak banjir limpasan air laut yang masuk ke darat atau rob di pesisir yang terjadi sejak beberapa hari terakhir. Dua kelurahan yang terdampak, yakni Bandarharjo dan Tanjung Emas.

Warga memilih bertahan meski banjir rob masih melanda kawasan itu. Ketinggian air masih berada pada kisaran 20 sentimeter. Meski demikian, air diperkirakan meningkat saat puncak rob terjadi.

Sepekan Terjadi 30 Bencana Besar di Jateng, Pj Gubernur: Percepat Penutupan Tanggul

Pemerintah setempat telah menyiapkan dapur darurat di kantor Kecamatan Semarang Utara. Setiap hari disiapkan 2.000 hingga 3.000 bungkus nasi bagi warga terdampak banjir rob.

Selain itu, posko kesehatan juga disiapkan untuk warga yang mengalami gangguan kesehatan. Ada empat unit ambulans juga disiapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Banjir rob atau air pasang yang melimpah ke daratan dengan ketinggian 2 meter lebih melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin, khususnya daerah di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas.

(Teguh Joko Sutrisno)

Kompol Rismanto Terabas Banjir Semarang Bawa Jenazah Nenek Romlah ke Pemakaman
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengunjungi Gereja Katedral.

Heru Budi Kewalahan Kalau Jakarta Diguyur Hujan Selama 4 Jam

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengaku kewalahan kalau intensitas hujan mengguyur Kota Jakarta selama 4 jam. Ia pun menyoroti soal banjir yang mela

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024