Rahmat Effendi Akan Diadili di Pengadilan ini

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas surat terdakwa Wali Kota Bekasi nonaktif, Rahmat Effendi ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Bandung. Rahmat Effendi terjerat kasus suap serta jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

"Jaksa KPK telah selesai melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan terdakwa Rahmat Effendi ke Pengadilan Tipikor pada PN Bandung," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Rabu 25 Mei 2022.

Plt Jubir KPK Ali Fikri

Plt Jubir KPK Ali Fikri

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Selain Rahmat Effendi, KPK juga telah melimpahkan berkas terdakwa lainnya. Mereka adalah Sekretaris Dinas Penanaman Modal PTSP Pemkot Bekasi, M Bunyamin; Camat Jati Sampurna, Wahyudin; Lurah Kati Sari, Mulyadi; dan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Bekasi, Jumhana Lutfi.

Setelah penyerahan berkas perkara tersebut, penahanan terdakwa Rahmat Effendi dan kawan-kawan kini menjadi kewenangan majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung.

Rahmat Effendi dan Wahyudin akan ditahan di Rutan KPK Gedung Merah Putih. Sedangkan, M Bunyamin, Mulyadi dan Jumhana akan ditahan di Rutan KPK Kavling C1.

Ali menyebut jika tim jaksa KPK kini hanya tinggal menunggu jadwal perdana sidang dari majelis hakim dengan pembacaan surat dakwaan.