Polisi Amankan 6 Tanki di Tanjung Priok, Diduga BBM Subsidi Solar

Kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar
Kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar
Sumber :
  • VIVA / Aman Hasibuan (Papua)

VIVA – Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto mengatakan, pihaknya berhasil amankan enam tangki yang diduga BBM bersubsidi jenis solar yang disalahgunakan di Pelabuhan Tanjung Priok

Pipit menambahkan, kasus ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari penyalahgunaan BBM subsidi jenis solar di Pati, Jawa Tengah. Pihaknya melakukan tracking dibantu oleh Dirpolo Air Balkam Polri dan berhasil menemukan kapal yang terdapat enam tangki solar bersubsidi. 

Namun, Pipit menjelaskan tidak semua tangki berisi BBM bersubsidi solar. Pihaknya masih mendalami dan melakukam perhitungan lebih lanjut. 

Baca juga: Perusahaan Bir hingga Ban Bakal Jadi Sponsor Formula E, BUMN Belum Ada

"Kenapa saya sampaikan sebagian? karena kita masih dalam proses pendalaman, perhitungan dan kita akan mendatangkan ahli untuk mengukur secara teknologi dengan tera, secara pasti dengan total, kami kemarin mendalami dalam bentuk dokumen," kata Pipit dalam keterangannya di Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis 26 Mei 2022. 

Selanjutnya, tim penyidik menduga tangki tersebut ada sekitar 152.000 kilo liter berdasarkan bukti dari dokumen yang didapat. 

"Dari kapal tersebut, kami masih menduga secara dokumen ada curigai kurang lebih sekitar 152.000 kilo liter yang kemungkinan adalah berasal dari minyak solar bersubsidi," tambahnya.