Banjir Rob Jateng, Relawan Ganjar Beri Bantuan ke Warga Semarang

Relawan Sahabat Ganjar beri bantuan ke warga terdampak rob banjir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Musibah banjir rob atau pasang surut air lait yang melanda di beberapa daerah Pantai Utara Jawa Tengah jadi sorotan. Salah satu daerah yang dilanda banjir rob adalah Semarang.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Peristiwa banjir rob itu jadi perhatian relawan militan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Sahabat Ganjar atau Saga. 

Ketua DPW relawan Saga Jawa Tengah, Parikesit Sosrodihardjo menjelaskan banjir rob yang terjadi sejak Senin, 23 Mei 2022 menggerakan pihaknya karena banyak warga yang terdampak. Ikhtiar relawan Saga salah satunya dengan beri bantuan sosial ke warga Kota Semarang.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Tim BNPB mendatangi Kendal yang diterjang banjir rob.

Photo :
  • Istimewa/Teguh Sutrisno

Dia mengatakan bantuan sosial yang diberikan itu antara lain makanan instan, makanan ringan, pampers, susu, tikar, selimut, hingga pakaian layak pakai. Menurutnya, penyaluran bantuan dilakukan oleh relawan Saga melalui DPW Jawa Tengah serta DPC Kota Semarang.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

"Sahabat Ganjar adalah relawan pendukung Ganjar Pranowo yang ada di setiap Kota/Kabupaten. Maka, kita berkoordinasi secara cepat untuk terjun langsung memberikan bantuan kepada para korban banjir rob Kota Semarang," kata Parikesit, dalam keterangannya, Kamis, 26 Mei 2022.

Pun, Ketua DPC Kota Semarang Tina Indrawati menyampaikan  bantuan ini merupakan inisiasi relawan Saga dengan cara gotong royong bantu korban. Tina berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan warga terdampak untuk beberapa hari ke depan. 

"Setelah Sahabat Ganjar menyalurkan bantuan untuk para korban, mudah-mudahan kebutuhan mereka tercukupi beberapa hari ke depan," tutur Tina.

Untuk diketahui, banjir rob menerjang beberapa daerah di Jawa Tengah sejak Senin, 23 Mei 2022. Air laut pasang naik ke daratan menerjang ke sejumlah wilayah hingga masuk pemukiman warga dan akses jalan raya. Aktivitas warga pun terganggu.

Banjir rob juga menerjang sebagian wilayah Kabupaten Demak hingga ketinggian sekitar 100 cm. Salah satu titik yang tergenang seperti Jalan Raya Pantura-Demak.

Selain itu, derasnya air juga berdampak terhadap tanggul di kawasan industri jebol. Dampak tanggul jebol itu membuat air meluber hingga ke badan jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya