Kiai di Jatim Dukung Ridwan Kamil: Tak Masuk Cebong atau Kampret

Sejumlah ulama dari Jawa Timur mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil dalam forum bertajuk "Ridwan Kamil for President" di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis, 26 Mei 2022.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Sejumlah ulama Jawa Timur dan Madura berkumpul dan mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil maju sebagai calon presiden pada pemilu presiden tahun 2024. Bertajuk ‘Ridwan Kamil for President’, mereka mendukung Ridwan Kamil karena dinilai cocok untuk memimpin Indonesia.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Berlangsung sejak siang hingga sore, deklarasi itu digelar di Kompleks Delta Raya Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis, 26 Mei 2022. Hadir di antaranya Ghozi Wahid Wahab, cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama Abdul Wahab Chasbullah.

“Kita mendukung Ridwan Kamil secara lahir batin beliau siap (nyapres). Insyaallah ada kendaraannya,” kata koordinator acara, Djafar Shodiq.

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Djafar mengungkapkan, para kiai melihat selama ini Ridwan Kamil sebagai pemimpin tidak bermasalah, baik di birokrasi pemerintahan, maupun keluarga. “Beliau (Ridwan Kamil) tidak pernah tersangkut praktik KKN. Keluarganya juga baik-baik saja,” ujar tokoh ulama Madura itu.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Terlebih lagi, menurut Djafar, sosok Ridwan Kamil dinilai jujur, amanah, menjadi penebar kebaikan, dan cerdas. Para ulama sangat berharap pemimpin Indonesia ke depan memiliki sikap demikian dan itu ada pada diri Ridwan Kamil. “RK bisa diterima semua golongan. Dia tidak masuk kategori cebong atau kampret,” ujarnya.

Djafar menambahkan, pertemuan dan deklarasi dukungan tersebut akan berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Guna mengintensifkan dukungan riil akar rumput, terutama kalangan NU kultural kepada Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil merupakan pemenang Pilkada Jawa Barat 2018. Sebelumnya, jebolan arsitek ITB itu mengemban amanah sebagai wali kota Bandung. Sederet terobosan dilakukan Ridwan Kamil selama memimpin.

Di antaranya menggulirkan program pemberdayaan masyarakat pesantren lewat One Pesantren One Product (OPOP), kemudian Satu Desa Satu Hafizh (Sadesha), English for Ulama hingga penerbitan Perda Pesantren, yang pertama kali ada di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya