3 Calon Mahasiswa Kedokteran Unhas Ditangkap Karena Curang Saat SBMPTN

Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan.
Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan.
Sumber :
  • VIVA/Irfan Abdul Gani

VIVA – Tiga orang peserta calon mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, ditangkap polisi. Ketiganya diduga kuat berbuat curang saat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

Humas Unhas Makassar, Ishak Rahman mengatakan, bahwa ketiga calon mahasiswa tersebut ketahuan berbuat curang dengan menggunakan alat penghubung komunikasi, saat akan mengikuti ujian.

"Ada tiga peserta yang melakukan kecurangan ujian SMBPTN. Mereka masing-masing peserta calon mahasiswa masuk kedokteran kemudian 1 kedokteran gigi," kata Ishak Rahman saat dimintai konfirmasi, Jumat 27 Mei 2022.

Ishak menjelaskan, bahwa ketiga peserta itu diamankan saat mengikuti ujian SBMPTN di Kampus Unhas, Tamalanrea, pada hari yang berbeda. Satu peserta diamankan pada Rabu 17 Mei, kemudian dua lainnya diamankan pada Sabtu 21 Mei.

"Jadi saat tes berlangsung, ada petugas kepolisian yang ikut bertugas mengamankan jalannya ujian SBMPTN.
Jadi satu orang peserta kita temukan di hari Rabu, yang dua kita temukan di hari Sabtu," ungkap Ishak.

Ishak menyebut, bahwa pihak kepolisian tidak hanya mengamankan ketiga peserta itu. Tetapi polisi juga menemukan keterlibatan dua oknum Sekuriti Unhas dan satu orang dari luar kampus. Sehingga total yang terlibat ada enam orang yang diamankan ke Polrestabes Makassar untuk proses lebih lanjut.

"Jadi mereka tidak bertiga. Ada oknum sekuriti dan orang luar yang bantu. Totalnya merek semua ada enam orang yang kita serahkan ke polisi. Peserta tiga dan tiga lainnya orang yang membantu," jelasnya.