Mahfud Md: Syafii Maarif Berhak Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Jenazah mantan ketua umum Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif alias Buya Syafii disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Jumat, 27 Mei 2022. Sejumlah tokoh tampak melayat ke Masjid Gedhe Kauman.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Salah satu tokoh yang melayat adalah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md. Dia menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga dan memberikan penghormatan terakhir kepada Buya Syafii.

Mahfud mengatakan bahwa dia sempat berkoordinasi dengan Istana terkait tentang pemakaman Buya Syafii sekalian menawarkan agar Buya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Ahmad Syafii Maarif bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Sri Sultan HB X.

Photo :
  • VIVA/ Cahyo Edi.

Sosok Buya Syafii, kata Mahfud, layak untuk dimakamkan di TMP Kalibata. Dia menceritakan Buya Syafii memenuhi kriteria untuk dimakamkan di sana karena memegang tanda jasa bintang Maha Putera Utama.

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

"Pak Syafii ini adalah pemegang bintang Maha Putera Utama. Itu berhak dimakamkan di makam Taman Pahlawan Kalibata. Kalau itu mau dilakukan kita mau memfasilitasi. Negara mau memfasilitasi karena itu tempat pahlawan sekelas Pak Syafii Maarif," ujarnya.

Dia sudah berkoordinasi dengan keluarga Buya dan pimpinan Muhammadiyah tentang pemakaman itu. Berdasarkan koordinasi, Mahfud menerangkan Buya Syafii sudah menetapkan diri ingin dimakamkan di mana.

Sebelum meninggal dunia, katanya, Buya Syafii telah memesan sebuah makam di Pemakaman Muhammadiyah, Husnul Khotimah, di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Tadi saya koordinasi dengan keluarga dan Pak Haedar Nashir. Katanya, 24 Februari yang lalu, Pak Syafii Maarif itu sudah memesan makamnya sendiri di Pemakaman Muhammadiyah di Kulon Progo," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya