Rakernas KAI di Bali Akan Dibuka Wayan Koster, Ini Agenda yang Dibahas

Acara Kongres Advokat Indonesia (KAI).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang dipimpin Tjoetjoe Sandjaja Hernanto akan menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas di Bali, 29-30 Mei 2022. Dijadwalkan rakernas akan dihadiri 1000 peserta dari seluruh Indonesia.

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Presiden DPP KAI Tjoetjoe Sandjaja Hernanto menjelaskan rakernas akan dibuka langsung Gubernur Bali I Wayan Koster dengan memberikan kata sambutan ke peserta. Menurut dia, dalam rakernas ada beberapa isu yang akan dibahas dalam rakernas. 

Salah satu agenda yang dibahas menyangkut sistem organisasi advokat di Indonesia yang bersifat multibar dengan satu regulator. Dia mengatakan saat ini praktiknya sistem organisasi advokat di Tanah Air bersifat multibar.

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

"Artinya terdapat banyak organisasi advokat. Kami di KAI ingin semua organisasi ini memiliki satu regulator yang sama sehingga aturan-aturan di dunia organisasi advokat dapat perlakuan setara," kata Tjoetjoe dalam keterangannya, Jumat, 27 Mei 2022.

Advokat sedang diambil sumpah oleh Kongres Advokat Indonesia

Photo :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang
Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju

Tjoetjoe mengatakan regulator yang dibahas nanti akan mengatur semua kebijakan organisasi advokat. Hal ini mengatur satu kode etik, satu dewan kehormatan, satu standar profesi advokat, satu Komisi Pengawas Advokat.

Selain itu, juga akan mengatur untuk standar pendidikan advokat (termasuk pendidikan lanjutan). "Lalu, satu standar kompetensi advokat, satu standar ujian calon advokat, spesialisasi profesi advokat serta verifikasi organisasi advokat," jelas Tjoetjoe.

Pun, dia berharap regulator yang disiapkan KAI saat rakernas nanti bisa menihilkan kemungkinan advokat yang seenaknya pindah organisasi. Ia menyinggung adanya oknum advokat yang pindah organisasi saat melakukan pelanggaran etik di organisasi yang lama.

"Adanya satu regulator dengan tetap multi organisasi, dunia advokat akan terhindar dari muatan kepentingan pribadi oleh pimpinan sebuah organisasi advokat, sehingga politisasi terhadap anggota bisa dihilangkan," tuturnya.

Menurut dia, dengan satu regulator berarti semua advokat dan semua organisasi punya satu standar yang sama untuk diterapkan.

Kemudian, rakernas di Bali nanti akan dimulai dengan gala dinner peserta bersama Gubernur Bali, I Wayan Koster pada 29 Mei mendatang. Rakernas ini juga dalam rangka merayakan 14 tahun usia KAI di dunia advokat Tanah Air.

"Dan, pada hari H pelaksanaan rakernas, sekaligus Pak Gubernur Bali akan berikan sambutan di hadapan para peserta rakernas," kata Tjoetjoe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya