Rakernas KAI di Bali Akan Dibuka Wayan Koster, Ini Agenda yang Dibahas

Acara Kongres Advokat Indonesia (KAI).
Acara Kongres Advokat Indonesia (KAI).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang dipimpin Tjoetjoe Sandjaja Hernanto akan menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas di Bali, 29-30 Mei 2022. Dijadwalkan rakernas akan dihadiri 1000 peserta dari seluruh Indonesia.

Presiden DPP KAI Tjoetjoe Sandjaja Hernanto menjelaskan rakernas akan dibuka langsung Gubernur Bali I Wayan Koster dengan memberikan kata sambutan ke peserta. Menurut dia, dalam rakernas ada beberapa isu yang akan dibahas dalam rakernas. 

Salah satu agenda yang dibahas menyangkut sistem organisasi advokat di Indonesia yang bersifat multibar dengan satu regulator. Dia mengatakan saat ini praktiknya sistem organisasi advokat di Tanah Air bersifat multibar.

"Artinya terdapat banyak organisasi advokat. Kami di KAI ingin semua organisasi ini memiliki satu regulator yang sama sehingga aturan-aturan di dunia organisasi advokat dapat perlakuan setara," kata Tjoetjoe dalam keterangannya, Jumat, 27 Mei 2022.

Advokat sedang diambil sumpah oleh Kongres Advokat Indonesia

Advokat sedang diambil sumpah oleh Kongres Advokat Indonesia

Photo :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

Tjoetjoe mengatakan regulator yang dibahas nanti akan mengatur semua kebijakan organisasi advokat. Hal ini mengatur satu kode etik, satu dewan kehormatan, satu standar profesi advokat, satu Komisi Pengawas Advokat.

Selain itu, juga akan mengatur untuk standar pendidikan advokat (termasuk pendidikan lanjutan). "Lalu, satu standar kompetensi advokat, satu standar ujian calon advokat, spesialisasi profesi advokat serta verifikasi organisasi advokat," jelas Tjoetjoe.