Tim SAR Swiss Akan Menyelam di Muara Sungai Cari Anak Ridwan Kamil

Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • Pemprov Jabar

VIVA – Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad mengatakan pencarian terhadap Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss masih terus dilanjutkan. Tim SAR memperluas pencarian ke beberapa lokasi berbeda. 

Salah satu lokasi pencarian yang akan intensif dilakukan adalah muara sungai Aare, yakni salah satu danau di sana. Menurut Muliaman, Sungai Aare disebut mengarah ke danau yang menjadi muara. Tim SAR terus memantau kedalaman air dan arah arus sungai. Apabila situasinya memungkinkan akan dilakukan penyelaman di danau tersebut.

"Kalau memang situasinya memungkinkan, sudah mulai melakukan penyelaman di danau yang relatif stabil, kalau di sungai arusnya relatif berat," kata Muliaman dikutip dari tvonenews, Jumat, 27 Mei 2022.

Pencarian Eril melibatkan polisi, pemadam kebakaran, dan tim SAR Swiss. Pencarian dilakukan di lokasi berbeda dan cakupan daerahnya diperluas dari hari kemarin.
 
"Sekarang di lokasi yang berbeda diduga lokasi yang secara potensial ditemukan, karena medannya khusus ya, jadi tim SAR yang tahu persis hari ini. Pada dasarnya mereka bekerja keras, kita doakan saja semua mereka berjalan lancar," ujarnya.

Mantan Ketua OJK itu menambahkan Tim SAR Swiss akan segera menyampaikan informasi perkembangan pencarian hari ini.

"Mereka (tim SAR) melakukan pengecekan terakhir di danau itu nanti. Mereka akan istirahat pada jam 01.00 siang waktu Swiss. Mereka akan update kepada kita apa yang mereka peroleh jam 01.00 siang waktu Swiss," imbuhnya

Seperti diketahui, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril bersama keluarganya sedang berada di Swiss dalam rangka survei universitas tempat dia akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Swiss. Eril hilang saat berenang di Sungai Aare, Kamis, 26 Mei 2022.