Jokowi Akan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende

Presiden Jokowi memimpin upaca peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka kunjungan kerja pada Selasa, 31 Mei 2022. Ia bersama rombongan terbatas lepas landas dengan menggunakan Pesawat RJ-85 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 13.30 WIB.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Photo :
  • Biro Setpres

Setibanya di Bandar Udara Haji Hasan Aroeboesman Ende, Kabupaten Ende, Jokowi dan Iriana langsung menuju tempat bermalam. Mereka akan melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Berdasarkan informasi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dan Ibu Negara berada di Provinsi NTT untuk menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang akan digelar pada Rabu, 1 Juni 2022. Upacara itu akan digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Baca juga: Upacara Hari Lahir Pancasila, Jokowi Pakai Baju Adat Tanah Bumbu

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi NTT adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

1 Juni Hari Lahir Pancasila

Pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Setiap tanggal 1 Juni pun diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan ditetapkan menjadi hari libur nasional.

Upacara Hari Lahir Pancasila dua tahun terakhir, digelar secara virtual. Hal ini karena selama dua tahun terakhir, Indonesia dan sejumlah negara lain di dunia tengah dihantam badai Pandemi COVID-19.

Untuk tahun 2022 ini, puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-77 akan dipusatkan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Peringatan tahun ini merupakan yang pertama kali digelar di luar ibu kota Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya