Profil Kombes Asep Guntur Rahayu, Bos Penyidik KPK yang Baru

Direktur Penyidikan KPK Kombes Pol Asep Guntur (kanan) usai pelantikan
Sumber :
  • KPK

VIVA – Asep Guntur Rahayu, Komisaris Besar telah resmi dilantik menjadi Direktur Penyelidikan (Dirdik) KPK. Asep sebelumnya menjabat sebagai Kabag Penkopeten Biro Pembinaan Karier (Robinkar) SSDM Polri. 

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Dikutip dari berbagai sumber, mulai dari tahun 2017 silam, Kombes Asep pernah menjabat sebagai Wakapolres Jakarta Pusat. Ditahun 2013, ia bertugas di Mabes Polri tepatnya di Dittipikor. Pada tahun 2015 ia pernah menjabat sebagai Kapolres Cianjur.

Sebagai Kapolres Cianjur tahun 2015 silam, Asep dikenal ramai disorot karena kerap melakukan aksi-aksi sosial di masyarakat. Sebagai contoh, membangun rumah untuk warga miskin, Andun Suherman yang memasak batu demi menenangkan anaknya yang kelaparan.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Asep merupakan alumnus Akademi Kepolisian Tahun 1995 yang pernah bertugas di KPK. Saat itu ia menjadi penyidik saat lembaga tersebut dipimpin oleh Antasari Azhar di tahun 2007.

Asep Guntur Rahayu memiliki istri seorang polwan yang menjabat sebagai Kapolres Subang, AKBP Sumarni.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Saat ini, Kombes Asep mengisi kursi yang kosong lama karena ditinggalkan Brigjen Setyo Budiyanto yang ditugaskan sebagai Kapolda di NTT. 

“Asep Guntur Rahayu, jabatan Direktur Penyidikan,” ucap petugas yang membacakan nama-nama pejabat baru yang disiarkan dari kanal YouTube KPK (2/06/22).

Pria kelahiran Majalengka, 25 Januari 1974 ini resmi mengisi jabatan Dirdik dalam lembaga antirasuah ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya