Asep Guntur Rahayu Naik Jadi Jenderal Bintang 1 Polri

Direktur Penyidikan KPK Kombes Pol Asep Guntur (kanan) usai pelantikan
Sumber :
  • KPK

VIVA – Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menaikkan pangkat Kombes Asep Guntur Rahayu lantaran dilantik menjadi Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gran Max Maut di Tol Cikampek sudah 4 Kali Pindah Tangan dan 2 Kali Diblokir

Menurut dia, Asep akan naik pangkat setingkat lebih tinggi menjadi jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen). Namun, Dedi belum menyebut kapan Kombes Asep akan dinaikkan pangkatnya mengingat jabatan yang diembannya Direktur Penyidikan KPK.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Photo :
  • dok Polri
KPK Izinkan Keluarga Temui Tahanan di Rutan saat Lebaran, Ini Jadwalnya

“Iya betul, kalau jabatan Direktur Penyidikan KPK setara dengan eselon 2 ya. Kalau eselon 2 kepangkatannya bintang 1," kata Dedi saat dihubungi.

Polri akan menaikan pangkat Kombes Asep Guntur Rahayu satu tingkat lebih tinggi menjadi Brigadir Jenderal atau bintang satu usai didapuk sebagai Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mertua yang Dianiaya Menantu di Cengkareng Ngadu ke Kapolri, Tanya Kenapa Tersangka Belum Ditahan

"Iya betul, kalau jabatan dir penyidikan KPK setara dengan eselon 2 ya. Kalau eselon 2 kepangkatannya bintang 1," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (2/6).

Diketahui, Asep menggantikan Brigjen Setyo Budiyanto yang ditunjuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda NTT sejak 2021. Ia merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1995. Selain itu, ia pernah bertugas di KPK sebagai penyidik era Antasari Azhar.

Adapun penunjukan Kombes Asep dilakukan setelah KPK melakukan proses seleksi terbuka melalui Pansel, dimulai dari tahap pengumuman pada 14 Februari 2022 sampai dengan tahap akhir pada 28 April 2022.

Proses seleksi mencakup tahap administrasi, penulisan makalah/policy brief, asesmen kompetensi manajerial dan sosial kultural, pemeriksaan kesehatan, pemaparan makalah dan wawancara, hingga pengumuman hasil seleksi, dan pelantikan pada hari ini.

Dilantik

Sebelumnya dibertiakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik sembilan pejabat pimpinan tinggi (JPT) pratama dan kepala cabang rumah tahanan (Rutan).

Pelantikan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal KPK, Cahya Harefa selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berlangsung di Aula Gedung Merah Putih KPK, pada Kamis hari ini, 2 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Cahya berpesan kepada para pejabat yang dilantik agar dapat bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya meminta agar para pejabat yang dilantik hari ini terus melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi, guna meningkatkan kinerja dan pelayanan secara maksimal," ujar Cahya.

Adapun para pejabat yang dilantik yaitu, Direktur Penyidikan Kombes Pol Asep Guntur Rahayu dari Polri, Direktur Bidang Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV Elly Kusumastuti dari Kejaksaan, serta Kepala Sekretariat Dewan Pengawas Haerudin dari KPK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya